Sabtu, 28 Mei 2016

Cara Menabung Kekinian Generasi Millenial



Hah? Seriusan lo belum pernah denger tentang Generasi Millenial?
Emang selama ini lo tinggal dimana sih? Hogwarts?Atau di Narnia?

*padahal sendirinya juga baru kelar nge-browsing*
*yang penting mah gaya aja dulu*

 Generasi Millenial

Untuk singkatnya sih,  Generasi Millenial sebenarnya adalah mereka yang lahir sekitar tahun 1980 – 2000. 

Sebelum Generasi Millenial, mungkin lo mengenal Generasi Baby Boomer yaitu angkatan kakek-nenek kita. Mereka memiliki karakteristik tertentu karena lahir di jaman sesudah kemerdekaan. Biasanya generasi ini memiliki sifat patriotis dan nasionalisme yang sangat tinggi. Dan rata-rata dari mereka memiliki anak banyak, karena jaman dulu belum ada KB hehe *seriusan ini*

Setelah itu, lahirlah Generasi X atau yang biasa disebut Generasi-nya MTV. Angkatan 90-an gitu lah. Masa dimana kita baru mengenal Komputer PC dan bisa main pacman aja berasa sudah jadi anak paling keren seantero komplek. Saat itu TV swasta baru mulai lahir dan para bintang sinetron pun mulai menggeliat dan bermunculan.

Jaman semakin berubah, sekarang kita sudah memasuki generasi baru yang dikuasai oleh internet teknologi sehingga lahirlah Generasi Millenial. Teknologi sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup mereka dan semuanya tercermin dalam pola pikir dan gaya hidup.

Generasi Millenial lebih mempercayai UGC (User Generated Content) daripada iklan atau apapun itu yang sifatnya informasi searah. Itulah alasannya blog pribadi ramai bermunculan, karena generasi sekarang  memang jauh lebih mempercayai review atau testimoni perorangan dibandingkan iklan.

Generasi ini juga akan lebih memilih ponsel-nya daripada televisi. Memilih sendiri jenis tontonan yang mereka sukai atau mengikuti perbincangan di berbagai forum. Dan eksis di social media merupakan suatu keharusan.

Dan gaya hidup yang paling menyolok dari Generasi Millenial adalah mereka gemar sekali melakukan berbagai transaksi secara online. Jarang membawa uang tunai karena  ribet dan lebih suka cashless. Lebih menyukai debit card, credit card, e-money, M-banking dan segala jenis pembayaran yang sifatnya lebih praktis.

Hayoh, lo termasuk Generasi Millenial gak nih!


Gue & Generasi Millenial

Bagaimana dengan gue sendiri?

Secara teoritis, gue seharusnya termasuk dalam Generasi X atau angkatan 90-an. Tapi karena selama ini gue banyak berkecimpung di dunia social media, gue kok berasanya Millenial banget gitu lho!
*mulai memaksakan kehendak*

Tapi seriusan, semua komponen yang menunjukkan tentang Generasi Millenial tersebut beneran gue rasakan saat ini, terutama sih yang berhubungan dengan duit. Paling malas dan suka berasa ribet sendiri ketika harus membawa uang tunai dan lebih suka untuk melakukan transaksi secara online saja, kecuali kalau lagi belanja di warung Mama Ajeng.

Sebagai seorang ibu, tentu saja gue memiliki rutinitas tersendiri di rumah. Selain mengurus rumah dan antar jemput Kayla & Fathir ke sekolah, sehari-hari gue juga disibukkan dengan kegiatan nge-blog, nge-drama Korea dan mengikuti berbagai gosip aktor Korea kesayangan gue di timeline. Dan tentu saja kegiatan bobok siang yang sangat signifikan juga tak bisa ditinggalkan begitu saja. Pokoknya, hari-hariku selalu sibuk

*duh Gusti, ternyata aktivitasku gak ada yang berbobot, ampuni hambamu ini*


Sehingga untuk mengimbangi kesibukan gue yang super padat tersebut, gue membutuhkan hal-hal tertentu yang sifatnya praktis untuk menghemat waktu, misalnya saja membuka rekening Bank. Secara rumah gue nun jauh di Bandung coret alias daerah kabupaten dan sudah kebayang pasti bakal ribet banget kalau harus pergi ke Bank sembari bawa-bawa Fathir yang pastinya gak bisa diam dan lari-lari kesana-kemari.

Untunglah di jaman yang sudah semakin canggih ini, kita sudah gak perlu repot-repot lagi pergi ke Bank hanya untuk membuka rekening. Bank Sinarmas sangat mengerti kebutuhan para nasabahnya dengan cara memberikan begitu banyak kemudahan dan kenyamanan untuk bisa membuka rekening online.


Untuk membuka rekening di Bank Sinarmas, kita hanya harus mengisi formulir yang tersedia di website-nya. Dan setelah aplikasi diterima, maka kita akan menerima email yang meminta kita untuk melakukan setoran awal hanya sebesar 50 ribu rupiah saja. Setelah itu kita tinggal santai-santai aja sambil tiduran sampai ditelfon oleh pihak Bank Sinarmas untuk melakukan verifikasi dan janji temu untuk menyerahkan ATM. Silahkan untuk janjian, mau minta mbak-mbak Bank-nya dateng ke rumah juga boleh, asal jangan di-modus-in aja lah yah bhahaha.

Setelah ATM sudah di tangan, kita akan menerima email yang meminta kita untuk melakukan aktivasi kartu ATM-nya. Udah selesai deh!


Pelayanan digital seperti ini sungguh sangat memudahkan nasabah.

Saat ini gue memang memiliki beberapa rekening yang sengaja dialokasikan untuk penggunaan yang berbeda, biar gak mudah terpakai gitu lah. Rekening gaji untuk kebutuhan sehari-hari, rekening tabungan yang tak boleh diganggu gugat dan rekening khusus untuk menerima transferan hasil job review dan nge-buzzer bhahahaha.

Dan gue sih jadi tambah nyantai aja kalau memang harus buka rekening lagi, karena kan ada Bank Sinarmas yang sangat mengakomodir jiwa Millenial gue yang semuanya pengen serba online aja, biar tambah praktis.

Selain memiliki kemudahan untuk membuka rekening secara online, Bank Sinarmas juga ternyata memiliki produk lain yang gak kalah keren yaitu Deposito Online! Sama seperti halnya membuka rekening, untuk deposito pun nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk mengisi aplikasi. Semuanya dilakukan online melalui jalur elektronik atau istilahnya sih e-chanel. Lebih praktis kan?

Supaya tambah kece badai, Bank Sinarmas pun berniat untuk lebih memanjakan lagi nasabahnya dengan cara mengeluarkan salah satu produk unggulan mereka yaitu : Secure Credit Card. Diberikan istilah secure credit card untuk menyadarkan para nasabah bahwa sejatinya kartu kredit adalah alat penunda penbayaran, bukan buat berhutang lho ya.

Digital Banking & Generasi Millenial

Bank Sinarmas sebagai salah satu Bank yang memiliki divisi digital banking, menurut gue sangat memahami kondisi pasar yang saat ini dikuasai oleh Generasi Millenial. Perlu dipahami bahwa pada saat ini, Generasi Millenial memang tengah berada pada usia produktif dan sangat mendominasi pasar.

Sehingga digital banking bukan hanya sekedar produk biasa, tapi memang merupakan masa depan Perbankan. Salah satu alasan utama dibentuknya Digital Banking sebenarnya adalah sebagai bentuk dukungan Bank Sinarmas pada program pemerintah yaitu : Financial Inclusion *ini kenapa bahasa gue sok keren banget*

Menurut data pemerintah, masih banyaaaaak banget penduduk Indonesia yang masih belum tersentuh layanan Perbankan. Mengapa? Selain karena lokasi mereka yang biasanya terlalu jauh dari kantor cabang dan terlalu banyak dokumen yang sulit untuk mereka penuhi, jumlah minimum tabungan yang lumayan besar juga membuat mereka enggan untuk membuka rekening di Bank.

Untuk menyikapi hal tersebut dan juga untuk mendukung program pemerintah sehubungan dengan Financial Inclusion,  Bank Sinarmas memberikan kemudahan dengan cara membuka tabungan hanya dari akses internet saja, kapan saja dan dimana saja.

Jadi kalau lo ikutan membuka rekening online di Bank Sinarmas, maka secara tidak langsung lo juga turut membantu program pemerintah untuk pemerataan pelayanan perbankan lho. Keren banget kan!

Trus sekarang tinggal tunggu apa lagi sih, sebagai generasi Millenial yang kekinian harus secepatnya membuka rekening online di Bank Sinarmas!


46 komentar:

  1. Jaman teknologi yg sangat berkembang pesat seperti saat ini bahkan aktifitas menabung pun bisa dilakukan secara online ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaaak,
      jaman sekarang mah kita bawaannya pengen yang serba praktis aja :)

      Hapus
  2. keren bangetlah ini, dengan digitalisasi semua bisa dipermudah bahkan urusan perbankan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak Mondaaa,
      semuanya di permudah biar nasabah merasa lebih nyaman :)

      Hapus
  3. Aku juga ikutan mb, tapi sampai skg ga bisa daftarnya hahaaha nasib2

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kenapa kok gak bisa nih mbak?
      Cobain di-klik lagi atuh website-nya dengan penuh perasaan hehehe...

      Hapus
  4. generasi milenial gak mau susah ya intinya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Maaaaan, bener banget bhahahaha...

      Hapus
  5. Gua donggg tinggalnya di Narnia..dan masuk kategori baby boomer..*loncat dari bangku. Kerenn ya generasi milenial, bakal banyak tabungannya di sinarmas...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sebenernya tinggal di Hogwarts di menara gryffindor sih Maaaam...hehehe...

      Iya nih, anak jaman sekarang sukanya buka rekening dimana-mana :)

      Hapus
  6. Menabung memang perlu, apapun caranya.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Pakdeeee,
      salam hangat juga dari Bandung :)

      Hapus
  7. trus kartu atmx or debitnya diambil ke bank apa dkirim ke alamat rumah mb, leh uga tuh, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ketika janjian ketemu sama staf Bank Sinarmas, itu sekalian penyerahan kartu ATM-nya Ntaaaan...

      Tapi nanti aktivasi kartu ATM-nya via email :)

      Emang 'leh 'uga cih :)

      Hapus
  8. aku msh ga brani pake CC, takut keblinger.. jadinya itu tadii.. UTANG!
    suka ngeri liat teman yg ditagih2 debt colector :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,..
      Emang kita harus super disiplin kalo mau punya credit card yah, jangan buat dipake ngutang tapi sekedar penunda pembayaran aja...
      *lagi ngomomg ama cermin*

      Hapus
  9. Wah... bisa daftar on line? Sekarang penyedia jasa memang berlomba-lomba memberi layanan berupa kemudahan buat pelanggannya ya Teh.. ya kayak bank ke nasabahnya gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Lyyyy...

      emaaang jaman sekarang mah semuanya harus serba praktis dan gak pake ribet yah Lyyy :)

      Hapus
  10. Andai semua bank sudah bisa ya teh. Duuhhh aku sangat terkekang sama bank daerah yg gak ada internet bankingnya. Mau pindah juga gak bisa soalnya gaji dibayar dari sono. Hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,..
      Makanya aku mah punya beberapa rekening Niiie, gaji di bank tertentu, buat belanja online shop beda lagi deh rekeningnya hehehe...

      Hapus
  11. Aku tinggalnya nomaden nih mba,antara Narnia dan Hogwarts,kadang masih main ke desanya Hobbit bahkan ke rumahnya Siwon #eh..

    Btw,sekarang keren banget yaa,mau bikin rekening aja bisa online sambil nonton drakor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhueheehehe, Siwon sekarang lagi wamil barengan ama Donghae :))

      Iyaaa, jaman sekarang mah bikin rekeningnya bisa sambil nyantai di rumah sembari nge-drama :)

      Hapus
  12. Itu yg baju merah sepintas tasi sy pikir Maudy *salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang banyak yang bilang begitu Teeeeh :)
      *plak*

      Hapus
  13. serba praktis yak..kalo emang ada yang gampang, kenapa di bikin susah ya nggak..ya nggak.. :D

    BalasHapus
  14. Pertama, setuju dengan digital banking. Kedua, baru tahu kalo UGC itu User Generated Content he he he. Ide virtual account ni asik deh, bisa ngumpetin recehan gitu tanpa ketahuan ada butab nya he he he

    BalasHapus
  15. wahh, mudah banget cara buka rekeningnya yah Teh :)
    modal 50ribu udah bisa punya rekening, bonus gak pake antri pula :)
    benar-benar cara menabung generasi millenial :)

    BalasHapus
  16. Di kampungku ga ada bank sinarmas. Soalnya pelosok bgt mbak

    BalasHapus
  17. Gue termasuk Generasi Millenial, secara 90an gitu... hehehe

    BalasHapus
  18. baru tau kalo buka rekening bisa segampang ini :D

    BalasHapus
  19. Selain tabungan online, juga ada deposito online ya? Asyik banget, serba praktis jadinya. Apalagi buat aku yang nggak bisa nyetir ini, sistem online sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  20. Aku sudah py rekening online Bank Sinarmas. Aku kekinian dong ya??? Xixixixi

    BalasHapus
  21. Aku tinggal nya di Hogwarts. Kenalin, aku Hermione. HAHAHAHA. Ilustrasi nya kece, Biiii ^^

    BalasHapus
  22. Ya ampun.. ini bank kekinian amat.. sangat mengerti kalau generasi milenial adalah generasi mager. wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. Keren Bank Sinarmas. Bisa buka rekening online. Ngerti aja kebutuhan generasi milenia yang suka kepraktisan

    BalasHapus
  24. Kalau donlot simobi, bisa dapat diskon utk pembayaran dgn QR. Keren deh bank sinarmas ;)

    BalasHapus
  25. Teh, ada rencana nyedekahin rekeningnya satu gitu, lempar ke aku yaa..bhahaha

    BalasHapus
  26. Jaman sekarang serba mudah ya Mba Erry, Bank Sinarmas pintar bangat baca peluang, buka rekening jadi sangat gampang bangat, tinggal duduk manis di depan laptop, klik-klik eeeh dah jadi aja... mantaps bangat ini Bank Sinarmas :)

    BalasHapus
  27. Saya juga punya rekening Bank Sinarmas ini, karena buka rekeningnya super gampang dan ATMnya diantarin ke rumah. baik bangat deh :)

    BalasHapus
  28. Mba Erry, sekarang tulisannya makin kece badai, apalagi ditambah infografis semakin keren bingiiit, informatif dengan visualisasi yang sedap. Sukaaa bangat :)

    BalasHapus
  29. aku mah generasi tua yang baru sedikit2 mengenal gadget

    BalasHapus
  30. gw brarti generasi millenial nih... cashless banget soalnya... saking ga ada duit nya... hehe

    BalasHapus
  31. bener-bener dah rekening udah bisa online gini.. gampang banget pula. memudahkan nasabah banget ini

    BalasHapus
  32. artikel dan web yang sangat bagus, dan bisa jadi pengetahuan, dan di perbanyak lagi artikel-artikelnya, agar banyak juga yang berkunjung kesini..

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com