Senin, 23 Mei 2016

Eksis & Gaul di Acara RoadBlog Bandung



Iya sih, judulnya semacam lebay gitu yah.

Mohon dimaklum aja lah namanya juga gue jarang banget bisa gaul dan eksis bareng teman-teman blogger, jadi sekalinya bisa hadir noraknya langsung kumat.

Sebagai emak-emak yang keseringan nongkrong di rumah, sekali-sekali menghadiri event blogger menjadi bentuk hiburan tersendiri bagi gue. Nongkrong asyik bareng sahabat blogger yang selama ini hanya bisa ditemui di dunia maya, syukur-syukur kalo bisa dapat ilmu yang bermanfaat dan goodie bag.

Acara RoadBlog Bandung yang dilaksanakan tanggal 14 Mei 2016 di Hotel Best Western Premier La Grande Bandung ini sebenarnya merupakan rangkaian dari RoadBlog 10 Cities yang diadakan oleh Excite. Denger-denger gosip sih katanya Bandung merupakan kota ke-9 yang dikunjungi dan Jakarta menjadi kota penutup.
 

*ini adegan gue nyasar dan muter-muter gak jelas di parkiran hotel sepertinya sih gak perlu dibahas lah yah, takutnya berpengaruh kurang baik ke reputasi gue*
*reputasi yang mana mbak?*

Setelah mengisi daftar hadir dan cipika-cipiki sekejap dengan beberapa sahabat blogger yang sudah lama gak ketemuan, gue pun langsung memasuki ruangan yang sudah tersedia, buat nge-tek tempat. Ini kenapa gue jadi kayak anak SD yah? Tapi, entahlah sepertinya gue salah strategi, karena tempat duduk gue deket banget dengan AC, jadinya bawaan gue pengen ke toilet terus.
*anaknya lemah dan gak terbiasa kena AC*

Temen sebangku gue selama acara RoadBlogBdg :Noniq & Okta! pic taken from @Noniq108
Acara dibuka dengan sambutan dari Bang Aswi, selaku ketua Blogger Bandung dan kemudian dilanjutkan dengan sedikit penjelasan dari Kak Aldy Terren mengenai Excite. Jujur aja sih, gue sering denger tentang Excite tapi masih belum terlalu paham makna yang sesungguhnya dari Excite ini.

Jadi sebenernya Excite itu adalah sebuah perusahaan yang memberikan layanan Royalty Point Reward buat para anggotanya. Jadi lo bisa register aja ke websitenya, dan setelah jadi anggota maka otomatis bakal dapet point. Kemudian lo bisa melakukan berbagai aksi tertentu disono, bisa nge-download, berlangganan, berbelanja, atau sekedar mengisi survey. Setiap aksi yang lo lakukan bisa mendapatkan sejumlah point yang kemudian bisa ditukarkan.

Kak Aldy Terren dari Excite. pic taken from : @Noniq108
Untuk saat ini sih point yang didapat bisa ditukarkan dalam bentuk barang, voucher atau pulsa, tergantung seberapa banyak point yang dimiliki. Ini kok asyik banget yah, cuma klik-klik doang bisa dapet pulsa. Cocok banget lah buat kalian yang selalu saja fakir kuota tapi memiliki hasrat spazzing membara dan selalu ingin menguasai timeline hehe.

Setelah sambutan usai, kami pun kemudian masuk ke materi selanjutnya yang dipandu oleh MC kece Kak Raja Lubis dengan moderator mbak Alaika. Sesi pertama dibuka oleh Bpk. Dodi dari Lembaga Sensor Film yang membahas tentang Sensor Mandiri pada perfilman Indonesia.


Sebenarnya Sensor Mandiri bisa dilakukan masing-masing sesuai dengan kapasitas kita sih. Kalo lo seorang Ibu, yah jagain anak lo jangan sampai menonton film yang gak sesuai dengan usianya. Atau lo seorang pembuat film? Plis atuhlah buat film bermutu yang gak bikin para penonton jadi pengen ngomel gak jelas setelah keluar dari bioskop. Simple aja kan? 

Sesi berikutnya adalah materi dari Traveloka yang dibawakan oleh Mas Barry. 


Gue perhatikan Traveloka saat ini lagi nge-heits dan happening banget yah, dulu kalo menjelang puasa begini iklan edisi Lebaran yang beredar paling cuma sirop marjan doang tapi sekarang mah Traveloka mulai merambah dengan mengeluarkan berbagai iklan Lebaran mereka. 

Traveloka berdiri pada tahun 2012 dikarenakan pada saat itu Founder-nya yaitu Ferry Unardi memiliki kesulitan untuk mendapatkan direct flight dari USA ke Padang. Ini keren banget yah, dari sebuah permasalahan kemudian terinspirasi untuk mencari solusi dan akhirnya mendirikan Traveloka. Saat ini selain menyediakan tiket, bahkan mereka sudah meluncurkan aplikasi untuk pemesanan hotel yang harganya bisa dibandingkan semurah mungkin.

Sesi berikutnya yang gak kalah asyik dibawakan oleh Mas Nur Hasan dari Pegadaian. Ya elah, semacam terngiang-ngiang gitu mottonya di benak gue sih : Mengatasi Masalah tanpa Masalah, oh yeah!

*jadi inget dulu pernah menggadaikan cincin kawin buat nge-DP rumah kemudian kelupaan kagak ditebus*
*iya, sampai sekarang jadinya kagak punya cincin kawin*
*too much info, stop it!*


Jadi kalau selama ini  lo mikirnya pegadaian itu hanya untuk sekedar menggadaikan sarung & rice cooker belaka, itu adalah sebuah kesalahan besar! *Iya, seriusan mas-nya emang beneran bilang ada yang pernah menggadaikan sarung & rice cooker*

Gadaikan saja rice cooker-nya dan SERET YANG NYENDER-NYA!
Eh, ini sebenernya gue lagi bahas apaan sih semacam kurang pokus?

Oh iya, pegadaian.

Saat ini di Pegadaian ternyata sudah mulai bisa menabung emas juga lho, dan gak usah khawatir gak kebeli  karena kita bisa membelinya dengan sistem mencicil, asyik kan?

Dan selain itu, Pegadaian saat ini juga memiliki Program Sahabat Pegadaian yang bisa memberikan kesempatan pada kita untuk mendapat berbagai hadiah menarik kalo kita bisa mengajak sahabat-sahabat kita bertransaksi di Pegadaian. Pakai sistem point gitu lho.

Jadi ingat, Pegadaian sekarang bukan hanya untuk menggadaikan saja lho yah!
Setelah itu acara break sebentar untuk shalat dan makan siang bersama. Kami pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk....YAH TENTU SAJA BUAT FOTO-FOTO NARSIS LAH, NAMANYA JUGA BLOGGER PLIS DEH!

Makan sambil ngobrol dan foto-foto! pic taken from @LangitAmaravati
Membahas tentang materi maha penting : ketampanan Song Joong Ki! pic taken from : @Noniq108
Lagi-lagi kami membahas materi penting yang sangat bermakna dalam kehidupan ini :) pic taken from : @uwienbudi
Setelah perut kenyang dan hasrat untuk ber-narsis-ria sudah terlampiaskan *apasih* kami pun siap untuk menerima materi selanjutnya yaitu dari Bank Sinar Mas & Genflix.

Bpk. Sunjaya dari Bank Sinar Mas menjelaskan tentang betapa praktisnya membuka rekening tabungan secara online. Tidak perlu repot-repot mengantri di Bank, cukup hanya dengan mengisi form registrasi secara online dan kemudian melakukan setoran awal via transfer saja. Setelah itu kartu ATM akan diantarkan ke tempat dimana kau berada. Seriusan ATM-nya bisa dianter ke rumah atau janjian di kafe juga bisa. Asal jangan modus-in mbak-mbak Bank-nya aja!


Materi selanjutnya dibawakan oleh mbak Ani dari Genflix yang merupakan layanan live streaming video berbayar yang bisa ditonton melalui websitenya, jadi lo nontonnya bisa via hape atau tablet gitu lah. Duh, makin canggih aja dunia ini yah *lebay detected*
Dan chanelnya juga super duper lengkap dong, selain acara bola-bola gitu yang gue kagak begitu paham, yang paling penting sih ada drama korea-nya juga bhahahaha.

Selanjutnya adalah materi yang ditunggu-tunggu oleh para blogger yaitu tentang Hypno Writing dari Bang Aswi dan SEO dari Kang Argun.

pic taken from @Nchiehanie1
Bang Aswi dengan unik mengawali presentasinya dengan cara memutarkan sebuah lagu Jepang yang menghanyutkan dari Yui sebagai acuan, karena menurut analogi Bang Aswi menulis dan menyanyi itu kurang lebih memiliki metoda yang serupa. Tapi gue jadi mendadak pengen melamun dan membayangkan berbagai adegan romantis dari dorama Jepang hehe *mudah teralihkan anaknya*.

Menurut Bang Aswi, untuk bisa menghasilkan blog dengan konten yang cetar-membahana-syalala, kuncinya adalah harus banyak membaca agar wawasan kita lebih luas. Selain itu kita pun harus fasih mengatur vokal yang dianalogikan dengan mengatur tampilan blog kita seperti widget atau template agar terlihat indah dan gak bikin sakit mata.

Dan untuk menghindari kejenuhan dalam ngeblog, Bang Aswi menyarankan untuk mengatur jadwal postingan dalam nge-blog. Iya juga sih, gue juga selalu berusaha konsisten mengatur jadwal posting gue supaya bisa update terus setiap hari Senin, ehm kecuali kalo lagi bentrok sama jadwal nge-drama sih, itu lain urusan hehehe...

Materi selanjutnya adalah SEO yang dibawakan oleh Kang Argun *dan gue mendadak pengen nenggak panadol gitu bhahahaha*

Menurut Kang Argun, pada hakikatnya SEO itu adalah suatu tehnik yang dilakukan agar tulisan kita bisa terlihat menarik di mata google.

Dalam SEO, backlink memegang peranan yang sangat penting. Setelah kita menentukan target kata kunci yang akan dibidik, sebaiknya kita membuat judul postingan dan deskripsi yang menarik untuk dikunjungi. Apabila kita sudah melakukan kedua hal tersebut, barulah kita lakukan optimasi postingan tersebut dengan backlink yang berkualitas agar bisa nongol di halaman utama google.

Tapi pengakuan dari Kang Argun sendiri, biasanya blogger yang sudah bermain SEO, jiwa nge-blognya lambat laun akan semakin memudar. Ehm, iya juga sih soalnya keburu lelah duluan kali yah hehehe..

RoadBlog Bandung

Secara keseluruhan acara RoadBlog Bandung berjalan dengan lancar. Walaupun acaranya berlangsung seharian dan materinya padat banget, tapi gue sih gak merasa jenuh atau bosan karena memang acaranya asyik banget dan menyenangkan. 

MC Kece Raja Lubis juga dengan luwes memancarkan auranya dan pintar banget mencairkan suasana sehingga acaranya tidak terasa membosankan, walaupun sempat mengeluh karena merasa kurang perhatian. Sudah capek-capek ngoceh, tapi pesertanya cuma senyum-senyum sambil tetap menunduk melihat hape-nya masing-masing hehehe...kan lagi nge-live-tweet atuh Kakaaaak!


Di sela-sela acara, kami juga  dihibur oleh seorang penyanyi plus pembacaan puisi. Duh, kerasa banget AADC-nya sih ini! Sang penyanyi pun sangat interaktif dan dengan giat mengajak kita untuk bertepuk tangan dan bernyanyi bersamanya. Walaupun setelah didengar lagi, lirik lagunya agak random dan gue gak paham sama sekali hahaha. Gue dan Noniq sempat diskusi dan membahas tentang lirik lagu ini sambil ketawa-ketawa sok belagak mengerti padahal kagak bhahaha.

Dan Kak Aldy Terren pun tidak ketinggalan unjuk kebolehan dengan cara mengadakan pertunjukan sulap ala mentalis gitu lah. Ini keren abis, karena Kak Aldy bisa dengan tepat menebak nama suami teh Winda hanya dengan cara mendengarkannya menyebutkan abjad secara berurutan dari dari A-Z. KOK BISA SIH?

Keren tapi sebenernya agak serem juga, kebayang gak sih lo kalo lagi berantem sama pacarnya trus tiba-tiba dia ngomong : kayaknya kamu bohong deh, COBAK TATAP MATA SAYA DAN SEBUTKAN HURUF A-Z! bhahahaha..
*kemudian kulkas gue diobrak-abrik sampai porak poranda dan hancur lebur hehe* 


Dan yang gak kalah asyik, acara ini juga bertabur hadiah banget! Setiap peserta yang mengajukan pertanyaan selalu dapet sesuatu, apakah voucher atau merchandise. Gue juga dapet tumbler unyu dari Excite karena sempet bertanya di sesi Traveloka. Walaupun sampai saat ini tumbler-nya masih menjadi 'sengketa' di rumah gue. Belum tercapai kesepakatan bersama apakah tumbler-nya akan dimiliki oleh Kayla atau Fathir. hahaha, kalo barangnya cuma satu emang suka jadi rebutan gitu deh.

Cuma nanya doang, dapet tumbler deh! pic taken from : @widiatianugrah
Pokoknya acaranya seru deh!
Terima kasih banyak untuk semua teman-teman panitia dari Excite & Blogger Bdg serta para sponsor yang telah sukses menyelenggarakan acara ini. Semoga nanti bakal diadakan lagi yah dan jangan lupa undang gue lagi :) 

Road Blog Bandung! Pic taken from : www.nchiehanie.com

39 komentar:

  1. wah mantap eung sistematika penulisannya, jadi blogger idola buat saya nih..

    bener mbak, pertama kali kumpul2 sama blogger tuh, saya kaget bener lah, kok pada autis ya, rupanya ada live tweet, tapi skrg udah terbiasa xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kak :)

      Iya, blogger mah emang multitasking kan, dengerin materi sambil live tweet, kadang sambil ngobrol dan nge-cek timeline juga hehe...

      Hapus
  2. salam kenal mba Erry..jadi salfok nih gara2 ada Joong Ki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga yah :)

      Joong Ki mah emang sukanya mengalihkan perhatian terus ih! KZL!

      Hapus
  3. Seru banget sih emang acaranya.

    Teh, itu foto yg pegang mix, ekspresinya kayak lagi ngomong sesuatu ke JongKi, semacam : "Nggak cukup, lo bikin mengobrak-abrik hati gue, Capten?!"
    hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laaaah,
      makna yang sebenernya tersirat dalam hati sanubari kan emang begituuu bhahaha...

      Hapus
  4. waaaa, ada foto aku mejeng di sono XD kenapa ga sekalian di crop biar bisa bersanding dengan big boss eh termos mksdnya hahahaa

    BalasHapus
  5. hmmm..teteep yaa nyasar2nyaa...
    balik nya ga pake nyasar lagii kan?

    tengkyuu bi dah berpartisisapi eeaa
    salam buat kk Jongki

    BalasHapus
  6. Seneng ya ry ikutan acara gini. Selain bisa dapet informasi juga ketemuan sama para blogger...

    BalasHapus
  7. Ini liputan acara napa kacrut begini? Bwahahah.

    BalasHapus
  8. Hureeey ada fotoku nampang disini..

    BalasHapus
  9. Keren euy dapet tumbler. Blogger multitasking tea hahaha

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada yang gadein rice cooker sama sarung di pegadaian Teh..
    btw itu yang nyander di rice cooker kok cute banget sih :*

    BalasHapus
  11. Yaaa. Gak ada di pontianak.

    *emang klo di pontianak ikut Niee?* :P

    BalasHapus
  12. Seru banget yah acaranyaa...
    Terus aku jadi penasaran, jadikah kau gadaikan hatimu demi apa entahlah itu? :D.

    BalasHapus
  13. Seru banget yah acaranyaa...
    Terus aku jadi penasaran, jadikah kau gadaikan hatimu demi apa entahlah itu? :D.

    BalasHapus
  14. HALOOOOOOOOO MAMA FATHIR :*

    (Lebih terobsesi sama anaknya daripada mamanya wkwkwk)

    Aduh aku udah lama banget ya nggak main ke sini mbak
    Jarang nge-blog soalnya, jarang walkin gjuga huhu
    Soalnya udah sibuk kerja (Eciehhhh) hahaha

    Seru banget ya mbak disana.
    Blogger Padang gapernah serame itu deh
    Segitu segitu aja dari dulu : /

    Btw aku baru sadar kalau mbak ery itu ternyata orang bandung
    Haruskah aku manggil teteh mulai dari sekarangg??

    Salam hangat buat mbak ery
    Dan salam peluk cipika cipiki buat fathir

    P.S.
    Btw aku udah ada kemajuan dong
    AKU UDAH NONTON DRAKOR!
    BUAHAHAHAHHAHAHAHA
    #Puas

    Jadi waktu itu bingung mau nonton apa lagi. Soalnya film film di laptop udah ditonton semua
    Pas lagi buka buka folder si kakak aku ketemu drama drama korea deh
    Mumpung persediaan drama thailand aku jg udah abis, jadila ku coba coba nonton

    Descendant of The Sun, watched
    Oh my Ghostes, watched
    Miss Granny, watched
    To The Beautiful You, watched
    dan lain-lain

    KOK NAGIH??
    KOK AKU JADI SERING TIDUR JAM EMPAT PAGI?
    KOK AKU JADI SERING KESIANGAN NGANTOR?

    :'(

    #Terjerumus
    #DanTakInginKembali
    #MbakEryTolongAku

    hahahaha

    BalasHapus
  15. Seru ya acaranya roadblog di Bandung.. selain jadi ajang silaturahmi temu blogger banyak mendapat info dan pengetahuan seputar dunia blogging ya Mba..

    BalasHapus
  16. eeehhh... aku mau nyeret yang nyandar di rice cooker Teh Eri. sinih paketin cantik buatkuh yaaa

    BalasHapus
  17. Wah seru banget nih acara Road Blog Bandung, huhuhuhu ini kesempatan ketemu Blogger Bandung yang lebih banyak ya Teh, seandainya aku lg di sana.
    Seru banget narasumbernya, ilmunya, tempatnya juga makanannya dong hahaha

    BalasHapus
  18. Dan aku pun ikutan nongkrong Di Blog ini, pada saat maksi...
    Tapi aku tidak akan kebawa sakaba-kaba sama drakor dan any kind drama...
    Hahahaha...

    BalasHapus
  19. jadi udah berapa kilo emas yang bibi gadaiin ke pegadaian sampai hari ini? emas yang nyender ke rice cooker itu boleh digadaiin juga nggak? eh itu mas-mas dink yah. bwahahaha

    BalasHapus
  20. Hihi.. selalu saja bawa-bawa Drakor ya.... emang beda emak yg satu ini .
    Keren Mak... :)

    BalasHapus
  21. Seru banget ya acaranya. Sayang acara Roadblog di Surabaya, aku nggak bisa ikut. Btw itu kok cantik-cantik banget sih emak2 blogger Bandung :D

    BalasHapus
  22. ada jongkiiiii...eh kok malah merhatiin jongkinya sih

    BalasHapus
  23. Teteh komplet banget liputannya.
    Kalau nenek saya pernah gadaiin jarit atau kain batik. Namanya jaman dulu belum punya rice cooker.
    Btw, kapan kita bisa kopdar lagi kayak di Tembi

    BalasHapus
  24. Bibii, asyik banget bisa ikutan event di bandung. Btw, sekarang pesan tiket di traveloka lebih mudah ya. Dulu suka nyari perbandingan harga bisa jatuhnya murha pas mau jalan2. Biar budgetnya ga kebobolan. Hehe

    BalasHapus
  25. Itu kaptennya mo di gadai in Teh? hihi

    BalasHapus
  26. Tetep mata ga bisa teralihkan dari foto oppa jongki ama rice cookernya.. :D

    BalasHapus
  27. waah seru pisan jiga na euuy...
    blohher-bloher kece berkumpul di satu event...pasti eksis gahol
    aihh apaan sih comment teu puguh!
    sayangnya yang di JKT gak bisa ikutan euy...keliatannya banyak ilmu yg bisa didapet dr acara ini

    BalasHapus
  28. Mba Erry.... acaranya kece benar ini.... materinya banyak bangat, nggak menyesalah kalo ikut acara seperti ini, pasti banyak ilmu yang didapat :D

    saya yang baca saja kebayang deh serunya acara ini, bikin mupeng dan pengen ikutan juga heheheh

    BalasHapus
  29. Hahahhaha benar bangat Mba Erry... Blogger nggak narsis itu nggak asyik... hahahaha

    Mba Erry gituloh... tetaaap ya bahasnya tetap Drakor... gaya foto2nya lucu2 itu yang Drakor... saya senang lihat orang2 yang ga sok jaim kalo diajak foto2... lebih natural dan enak dilihatnya hahahha

    BalasHapus
  30. Acara ini diadakan di Jkt jg kan? lalu saya kenapa tidak tahu? duuuh kudet Hiks

    Mendadak menyesal nggak ikut acara yang bertabur hadiah begini Bhahahaha

    Kayla dan Fathir jangan rebutan, adu suit saja... smg nanti mamanya dpt lagi ya tumbler seperti itu. Aamiin hehehe

    BalasHapus
  31. Huhuhu... Saya gak bisa ikutan. Mupeeeng :(

    BalasHapus
  32. Khas Teh Erry merangkai acara jadi enak dibaca. Klu Fathir Kayla gak mau rebutan, pakai gantian aja

    BalasHapus
  33. Wih materinya cukup banyak ya dalam satu acara :D mau juga deh ikut event semacam ini

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com