Senin, 21 Desember 2015

Bagaikan hidup dalam Drama Korea part 3 - Light Packing untuk Backpacker



Autumn Trip ala Drama Korea yang gue jalankan beberapa waktu yang lalu masih menyimpan beberapa cerita yang belum sempat gue tuliskan.

Ketika  baru saja mendarat di bandara Incheon, pada saat itu gue iseng meng-upload sebuah foto di facebook yang isinya menyatakan bahwa gue hanya membawa 1 backpack saja untuk kunjungan gue selama 7 hari di Seoul.

… kemudian gue langsung diledek-ledekin aja gitu lho di kolom komentar….


seriusan 7 hari di Seoul cuma bawa 1 backpack aja!

Atuhlah, kalian teh meuni pada gak percaya kalo gue bisa ringkes dan gak rempong ketika sedang travelling sih!

Pada saat itu, dalam rangka untuk efisiensi gue memang memutuskan untuk tidak membeli bagasi, sehingga hanya bisa membawa backpack atau koper kecil saja dengan jatah 7 kg untuk bisa masuk kabin.
*bilang aja terus terang lagi pengiritan karena duitnya mepet banget lah bhahaha…*

Jadi di postingan ini gue akan menceritakan sedikit pengalaman gue untuk bisa bertahan di Seoul selama 7 hari hanya dengan membawa 1 backpack saja.

Menyusun Prioritas

Sebelum memulai packing, gue mulai menyusun prioritas terlebih dahulu mengenai barang-barang yang menurut gue SANGAT PENTING, dan harus dibawa.

Setiap individu akan memiliki prioritas yang berbeda untuk hal ini dan menurut gue sih itu sah-sah saja. Gak bisa dipukul sama rata karena preferensi setiap orang kan memang berbeda-beda.

Mungkin menurut lo PENTING banget untuk membawa kecap dan saos merk tertentu agar bisa bertahan hidup disono, atau lo bener-bener gak bisa hidup tanpa indomie ayam bawang, atau mungkin lo merasa memiliki ketergantungan yang sangat tinggi sama catokan rambut.

Silahkan tentukan sendiri saja prioritas lo,supaya bisa merasa nyaman ketika nge-trip deh.
Sedangkan untuk gue sendiri sih, barang-barang yang gue prioritaskan untuk dibawa adalah : peralatan lenong!

Jadi prinsip gue adalah : gak papa lah bajunya kucel dan gembel, yang penting muka gue tetap terlihat kinclong dan mempesona ketika difoto bhahaha…

peralatan lenong terpaksa gue bawa semua :)

Menyesuaikan dengan Musim!


Summer in Seoul

Sebelum berangkat, tentu saja jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan tentang suhu dan cuaca di tempat tujuan kita, supaya bisa disesuaikan dengan pakaian yang akan kita bawa. 

Biar kelihatan gaya aja gituh!

Sebelumnya gue pernah berkunjung ke Seoul ketika musim panas untuk mengikuti Touch Korea Tour, dan pada saat itu suhunya hampir mirip kayak di Indonesia sih, gerah-gerah pengen dibanjur gitu lah.

Tapi sayang sekali pada saat itu gue tidak sempat nge-gaya ala fashion musim panas, karena selama menjalankan tour, para peserta diharuskan untuk memakai kaos yang sudah disediakan panitia.

Jadi selama nge-trip, semua foto gue terlihat sama karena harus memakai kaos putih! Argh!

bajuku terlihat sama semuaaaaa...hiks...

Andaikan saja saat itu kita diperkenankan untuk memakai baju bebas, pastinya gue bakalan terlihat kece banget kalo bisa bergaya ala musim panas di Seoul dengan : Bodycon Dress.

Selain bisa membuat gue terlihat feminine, bodycon dress yang merupakan kepanjangan dari Body Conscious Dress itu juga akan membuat gue sangat memikat kalau difoto deh! Seriusan!

Karena dress ini jenisnya form-fitting atau mengikuti bentuk tubuh, jadi selain akan terlihat elegan, kita juga bakal merasa nyaman ketika memakainya.  Betah banget deh gue ngepo-in koleksi bodycon dress dari Zalora.

sumber foto : http://www.zalora.co.id/product-index/bodycon-dress/


Tinggal ditambahin pakai cardigan sama sepatu boot aja, dijamin Lee Min Ho bakal terjerumus dan tak mampu bangkit lagi kalau kebetulan melirik gue deh bhahahaha…
 *dijambak Suzy*

Autumn in Seoul!

Untuk kunjungan Autumn Trip ala Drama Korea, karena musim gugur di Korea suhunya diperkirakan bakal berkisar antara 5-10 derajat yang artinya bakal dingin, sudah dipastikan barang penting yang harus dibawa adalah : jacket.

Setelah dipikirkan dengan matang-matang akhirnya gue memutuskan untuk membawa 2 jaket, walaupun akan lumayan memakan cukup banyak tempat di backpack mungil gue.

Gue memang tidak membawa terlalu banyak baju/kaos dan dengan cueknya memiliki niat busuk untuk mengulang-ulang baju aja selama disana hehe. 

bawa bajunya dikit aja! itu yang pouch ijo isinya obat-obatan!
Tapi untuk persiapan gue sudah membawa deterjen sachet sih,  kalau-kalau ada temen nge-trip gue yang keberatan dan komplen karena baju gue terkesan gembel banget karena kagak pernah diganti bhahahaha…

Penting banget nih! Charger + powerbank!

O ya, dan gue juga gak bawa parfum, karena ribet.

Peraturan untuk membawa backpack/koper ke kabin adalah tidak diperkenankan untuk membawa cairan. Kalaupun maksa pengen bawa, ketentuannya gak boleh lebih dari 1 liter dan harus dibungkus pakai plastik transparan. Males ah, ribet!

Jadi sebelum berangkat, semua bajunya gue rendem dulu aja pakai pewangi dan gue semprotin parfum banyak-banyak hehe.

Akhirnya, gue berhasil membawa hanya 5.1 kg saja dalam backpack gue! Yeay!

Berhasil hanya membawa 5 Kg saja!


Jangan Impulsif!

Akhirnya gue pun berangkat, tapi perjuangan masih panjang dan belum selesai,…

Gue sih berasanya nyantai banget berangkat hanya dengan membawa barang segitu doang. Dan gue juga sama sekali tidak berniat untuk belanja apa pun karena ehm, budget gue emang mepet banget, jadi ya udah lah yah…

Dan kalaupun memang ‘harus’ belanja, gue sudah bertekad untuk sangat selektif dan memilih barang yang ringan-ringan aja supaya bisa masuk ransel. Karena bawaan gue hanya 5 kg, gue toh masih punya kelebihan 2 kg untuk barang belanjaan.

Membeli semua bias gue ini tidak termasuk kategori impulsif lho yah, karena beratnya gak sampai 1 kg kok! *penyangkalan*
Tapi, ternyata berbagai godaan mulai datang menerpa dan mencoba untuk mengguncang batin gue yang masih polos dan murni ini!

Satu hal yang paling ngeselin dengan harga-harga di Korea itu adalah, kalau mau beli makanan harganya mahal minta ampun, tapi kenapa kalau harga-harga kosmetik dan baju kok bisa murah-murah banget sih! 

APA BANGET LAH INIH!

Tapi gue berusaha untuk tetap tegar dan bertahan pada pendirian untuk tidak bertindak impulsif dan belanja sana-sini. Gue hanya membeli barang-barang yang benar-benar gue butuhkan aja kok. Seriusan!

Misalnya saja, ada suatu masa ketika gue baru tiba di Seoul dimana hujan turun terus menerus tiada henti, dan konyolnya sepatu boot gue terbuat dari bahan suede yang tipis gitu, maklum lah belinya juga di Kosambi.

Sepatu boot suede yang gue pakai itu, kalau nginjek kubangan langsung basah kuyup bok!
Jadi sepatu berikut kaos kaki gue basah kuyup dan kaki gue kedinginan parah, sehingga agar diri ini berasa nyaman nge-trip, gue berasa harus banget ….untuk beli sepatu mhuehehehehe…
*bukan modus tapi emang kebutuhan sis!*

Jadi akhirnya dengan sangat terpaksa sekali *uhuk*, gue pun membeli sepatu obralan di subway dengan harga sangat miring. Gak sampai 10.000 won!  *kurs-nya 12 yah*

Sepatu kece gue, beli obralan di abang-abang emperan subway!

Dan ada juga suatu masa, ketika sedang berjalan santai menyusuri subway, tiba-tiba saja kita terperangkap di sebuah pertokoan yang sedang melakukan obral coat.  Aneh banget lah itu!

Gue gak bisa berbuat apa-apa selain membeli salah satu coat obralan mereka, itu adalah situasi yang tidak bisa gue hindarkan, karena lagi-lagi harga coat-nya gak sampai 10.000 won! Aku kan jadi lelah ih!

coat unyu ini kalau di-rupiah-kan harganya gak sampe 100 ribu lho kakak!
Tapi selain barang-barang tersebut diatas, gue gak beli apa-apa lagi kok. Cuma beli titipan BB cream etude dari sodara gue aja. 

Tapi karena saat itu gue berasanya aneh dan takut disangka kurang sopan sama mbak-mbak SPG etude-nya kalo cuma beli barang titipan doang, jadi dengan sangat terpaksa sekali gue pun ikutan beli BB Cream-nya juga.

Dan gak afdol banget kalo mampir ke etude tapi gak beli lipitint-nya yang kekinian itu kan yah? Jadi dengan berat hati, gue pun terpaksa deh beli liptint juga.

Tapi selain itu, gue udah gak beli apa-apa lagi kok. Cuma beli sedikit oleh-oleh buat anak-anak aja.

Fathir nitip beberapa cemilan dan mainan model lego gitu. Sedangkan untuk Kayla gue belikan tas obralan di Insadong yang mana gue pake dulu tasnya bentaran biar gue bisa terlihat seperti anak gaul Seoul hehe.

tas oleh-oleh buat Kayla gue pinjem dulu bentaran hehe...

 Jadi intinya sih, gue gak beli apa-apa lah yah!
*sukanya hidup dalam penyangkalan terus*

Packing-Packing-Packing

Dan akhirnya gue jadi stress sendiri ketika packing untuk pulang!
*ehm, sudah kuduga!*

Perasaan sih gue kagak beli apa-apa sih, tapi kok duit gue habis dan ransel gue jadi gendut gitu yah? Bhahahaha…
*jadi pengen ngobrol ama kulkas*

Ketika selesai packing dan ditimbang, ternyata ransel gue membengkak menjadi 8.6 kg! 
NAH LHOOOO!!! Kelebihannya hampir 2 kg!

Untuk biaya kelebihan menurut Ayu adalah 20.000 won/kg yang mana artinya gue harus membayar sekitar 500 ribu rupiah! TIDAAAAK!

Akhirnya gue pun melakukan penyusutan dengan cara meninggalkan barang-barang yang sekiranya kurang penting bagi gue. Semua baju terpaksa kagak gue bawa, begitu juga dengan skraf dan kupluk. Kalo sepatu lama gue sih udah jelas harus gue tinggalkan lah yah!

Dan setelah ditimbang, masih 8 kg aja siiiiih....

Akhirnya gue seleksi lagi barang-barang gue, dan gue mulai mengeluarkan semua kosmetik lama gue beserta obat-obatan. Bahkan pil KB pun gue tinggalin! *duh, kalo gue sampe hamil gimana ini urusannya! bhahaha...*

Gue cuma bawa antangin dan freshcare aja buat jaga-jaga kalo kembung, maklumlah sudah uzur.

Dan setelah ditimbang, ternyata beratnya masih sekitar 7.6 - 7.7 kg aja sih! Duh, gimana dong!

Gue sih udah berusaha banget untuk bisa bawa pulang pas 7 kg, karena airline sudah berbaik hati memberikan harga murah dengan cara memberikan jatah bagasi kabin, dan gue merasa sangat bersalah karena udah kelebihan bagasi, tapi gue udah gak ada barang yang bisa dikeluarin lagi.

Tadinya, gue udah mau nekad ninggalin semua baju dalam gue, mana pada kotor pulak! Tapi kan gue ngeri ntar disantet ama orang Korea lagi bhahahaha.... 

Tadinya gue juga mau ninggalin mukena kecil gue, tapi nanti takutnya jadi susah shalat dan malah terkena azab dan kemudian masuk neraka jahanam pulak..*ini apa sih*..

Akhirnya gue pun nekad aja lah, kalaupun memang harus bayar kelebihan, toh gak sampai 1 kg ini.

Eh, tapi mungkin karena muka gue terlihat sangat polos dan memukau, ternyata gue lolos lho dan backpack gue gak perlu ditimbang.
*duh, tahu begitu pil KB kagak perlu gue tinggalin di guesthouse deh hehe..*


Akhirnya, gue pun tiba dengan selamat sampai di Bandung,...

Tapi sesampainya dirumah gue masih kepikiran dan merasa sedikit bersalah karena udah kelebihan bagasi lho, walaupun gak sampai sekilo juga sih.

Saat itu, setibanya di rumah, gue langsung sakau banget sama nasi padang lho, selama di Seoul kepikiran terus bhahahaha...

Dan selesai menyantap nasi padang *ayam balado + daun singkong + es teh manis*, iseng-iseng gue pun menimbang berat badan, karena berasanya selama di Korea porsi makan gue parah banget, membabi buta dan sulit dikendalikan bhahahaha...

Eh tapi anehnya, berat badan gue turun sekitar 2 kg lho! Mungkin karena selama di Seoul banyak jalan kaki dan naik turun tangga terus waktu di subway kali yah!

Tapi ya udahlah, berarti impas deh yah!

Gue udah kelebihan bagasi sebesar 0.7 kg tapi gue udah turun berat badan sebanyak 2 kg! Jadi impas doooong, malahan gue nombok bhahahahaha...

*logika gue terkadang memang suka absurd dan sulit dimengerti, maklumin aja deh yah!*

Impas yah impas! *lagi ngobrol sama mas-mas airline di belakang*

51 komentar:

  1. Hihihi. Seru bangettt deh bisa jalan jalan ke korea. Sayang banget barang barangnya pada ditinggalin padahal kalo tau ga bakal di timbang harusnya dibawa semua

    BalasHapus
  2. Hihihiiii... Teteh luar biasa banget, bisa cuma bawa 1 tas gitu. Kalau gue sih satu koper besar. Buat belanjaan sisanya .... :)

    BalasHapus
  3. Untunglah anak2 BTS ga ditinggal :D *curiga dipake* hmmm....

    BalasHapus
  4. huwahahahaha... ketawa geli baca iniii.. kok bisa ya bawa 1 tas ke koreanya?? aku aja klo ke luar kota, selalu bawa tas guede, dan pulangya selalu beranak pinak..

    eh, trus jadi hamil gak? :))

    BalasHapus
  5. Owh jadi itu jawaban atas pertanyaan ku selama ini, *di kolea beli sepatu balu*

    Aha akhirnya aku bisa mengikuti tips packing ala Teteh^^ baju-bajunya di karetin supaya muat terus semprotin parfum sebanyak-banyaknya.. ;)

    BalasHapus
  6. Daebak banget dirimu bisa bawa 1 backpack teh.. gak kebayang kalau diriku yang berangkat. Hahah...

    BalasHapus
  7. Enaaak bener ya bisa turun BB gegara jalan2 ke Korea...hihi..lah aku turun se ons naiknya sekilo...nomboook deh..
    by the way, niru ah cara packing bawaannya... :p

    BalasHapus
  8. salut buat Teteh yang bisa menahan keinginan berbelanja (y)
    kalo saya kayaknya gak akan bisa Teh, tas saya pasti beranak pinak.. :)

    BalasHapus
  9. Hahahahahahaha. Kalau aku bisa juga tahan tuh teh gak belanja apa apa. Palingan aku mau beli magnet kulkas aja buat koleksi. Kemaren juga ke bangkok gak banyak belinya.

    Tapi bawaan barang banyak 😆

    BalasHapus
  10. Hihihi... haduuhh itu bertahan dengan 1 backpack gitu, kali aku mah boro-boro sanggup mak... yang ada koper malah beranak :p.

    BalasHapus
  11. Hihihi... haduuhh itu bertahan dengan 1 backpack gitu, kali aku mah boro-boro sanggup mak... yang ada koper malah beranak :p.

    BalasHapus
  12. Hm...belanjanya kan karena terpaksa kan ya Mbak. Bukan membabi buta..hihihi..

    BalasHapus
  13. bwahahaha pil KB kenapa dibawa bawa sihhhh jadi curiga di Seoul ngapain aja sama Lee Min Ho hah hah hah *laporin Abah biar dapet imbalan permen yupi ah*. - ttd: tukang ngadu

    BalasHapus
  14. ya ampun teeh..meuni hebring pisaannn bisa cuma bawa satu backpack aja ke Korea 7 hari pula.. kereeen teeeh..:D

    BalasHapus
  15. Beughhh 1 ransel aja? saluttttt!! Py sndiri ga yakin bgt bisa, tapi ternyata teh Erry bisa lhoo.. Heybatt!!!

    BalasHapus
  16. Mba Erry... ya ampuuun hanya satu Tas itu doang? saya yang cowok aja kayanya ga bisa sesimple itu... hahahahah

    Tapi ide menarik sih Mba Erry, kapan-kapan saya coba deh, gulung2 gitu bajunya... mungkin bisa muat banyak hahahah

    BalasHapus
  17. Tahu gitu ga usah tinggalkan banyak barang disana ya Mba Erry... sayang bangat sih, tapi ya sudahlah... angggap saja itu buat kenang2an utk Aa Lee Min Ho... hahahha

    Tapi itu sepatun dan coatnya kereeen bangat Mba Erry... tapi itu kok murah bangat ya Mba ga sampe 100 ribu, kalo dekat sudah saya jabanin tu tempatnya utk beliin kado buat seseorang hahahahha

    BalasHapus
  18. Asyiiiiik Kayla & Fathir akan punya adik lagi.... saya tambah keponakan lagi nih... hahahaha

    tapiiii itu kenapa berat badan Mba Erry tutun ya? mungkin terlalu senang, sampai lupa makan selama disana ya Mba? hehheeheh tp smg skrg sudah normal kembali ya Mba... heheheh

    BalasHapus
  19. Duh Erry.... jangan sampai ninggalin barang pusaka di Korea sono. Gawat Erry, gimana coba kalau Abang Lee Min Ho meletin dirimu :D

    BalasHapus
  20. okelaah tips nya kece! klo nge trip bawa bekel baju yg udh bosen di pake aja biar gk berat hati ninggalin di guesthouse nya haha

    BalasHapus
  21. pil KB drama ini mba..hahaha

    BalasHapus
  22. Wuhaha..perasaan gak beli apa-apa masih kalah dengan penyangkalan yaa mbak :D

    BalasHapus
  23. Kalau aku yg kesana pasti udah kalap belanja teh :D

    BalasHapus
  24. Keren dikau, bisa pergi jalan-jalan ke tempat favorit! Dengan 1 tas saja. Cool!

    BalasHapus
  25. biii, liat foto2 ini jadi pengin nabung buat ke Korea. :') mupeng banget

    BalasHapus
  26. Huahahaha.. itu baju-baju yang ditunggalin totalnya emang gak sampai 500 ribu? :)) ini judulnya bukan ngetrip ke korea, tapi DIY ngirit bawaan ransel. Huahaha..

    BalasHapus
  27. Pokoke mbak Erry suri tauladan lah buat emak2 yg mupeng ngebolang secara smart :)

    bukanbocahbiasa

    BalasHapus
  28. Pokoke mbak Erry suri tauladan lah buat emak2 yg mupeng ngebolang secara smart :)

    bukanbocahbiasa

    BalasHapus
  29. Satu hal ...
    Itu sepatu yang beli di abang-abang sub way ...
    sepatu laki ya Bi ... ?
    (sekedar bertanya)

    salam saya Bi

    BalasHapus
  30. Kalo gw demen nya packing heboh, semua di bawah padahal ngak ada yg di pake

    BalasHapus
  31. aduuh, baju ditinggal, sayang amaat. kenapa ngga dititip dulu aja ke pemilik guest house, ntar pas balik kesana lg di ambil, atau gk usah bawa baju lg dr Indonesia kan jadinya. *mental irit & pelit* wkwkwk...

    BalasHapus
  32. maak...trus udah nemu belum genteng tempat Healer melayang layang? *penting*

    BalasHapus
  33. bwahahaha iya teh impas.
    itu ninggalin baju pasti berasa kehilangannya ya teh. Duh mana banyak banget yang ditinggalin :((
    tapi itu enak banget siih pulang dari korea malah turun 2 kg. meskipun artinya selain barang barang yang di tinggalin, teteh juga ninggalin berat badan di sana :)))

    BalasHapus
  34. pesan dr sini adlh kalau ke seoul jgn lupa bawa pil kb, biar kopernya nggak beranak, *ikutan absurd, hehe..
    dikau emang kece badai teehhh..kereenn

    BalasHapus
  35. wuuiih kereen ih seminggu cuma bawa tas ransel itu doang ckckckckck. di korea ga ada nasi padang sih ya, jadi aja BB turun xixixix....

    BalasHapus
  36. Seruunyaa. Keren nih mb Erry. Eh kalo cuma pil kb sih dibawa juga nggak bakal ngaruh beratnya hihi. Eh tapi ngapain juga bawa-bawa pil kb, emang pil kb harus diminum tiap hari ya? *serius nanya :D

    BalasHapus
  37. Buahaha Mbak Erry... Walopun ceritanya random tapi seru aja yah xD

    Keren euy cuma seransel. Duh kalo aku keluar negeri bakal sebanyak apaaah x(

    BalasHapus
  38. baca ceritanya jd ketawa, tp salut deh seminggu cuman bawa satu tas aja

    BalasHapus
  39. Beneran backpack 7 kiloan ya Jeng Erry, itupun dengan 2 coat cantik.
    pengin tengok kiat padu padannya. Salam

    BalasHapus
  40. Tehhhhhhhh, besok-besok bikin PO lah coat dan sepatu Koreyah!!!

    BalasHapus
  41. Bawaannya cuma segituuuuuuu ry? *histeris. Ahh praktis banget! Hmmm, bisa sihh perginya mah, pulangnya kagak tahann kalo kagak bawa gembolan...hihihi

    BalasHapus
  42. Cerita mbak Erry selama di Korea selalu aja asyik utk diikuti dan bikin sirik karena aku jadi pengen kesana juga tapi gak pernah kesampaian huuuu....

    BTW, sudah beli pil KB lagi belum? hahaha

    BalasHapus
  43. sekali-kali ajakin kita dong mb ery... hehehe

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com