Senin, 21 September 2015

Kekuatan Blogwalking (Membawaku ke Korea)



Menurut gue, blogwalking itu merupakan kegiatan yang sangat menyegarkan.

Gue adalah blogger yang sangat-sangat menikmati kegiatan blogwalking yang artinya adalah kurang lebih sih jalan-jalan ke blog teman dan kemudian meninggalkan komentar disono.

Mungkin hal itu disebabkan karena latar belakang dan alasan gue ngeblog juga kali yah.

Seperti yang pernah gue ceritakan sebelumnya, gue mulai membuat blog ini ketika Fathir baru saja lahir sekitar tahun 2009 dan kondisi gue saat itu lagi galau parah banget.

*LAH, BUKANNYA SAMPE SEKARANG JUGA BAWAAN LO EMANG GALAU TERUS?*
 Eh, iya juga sih. Ya udah lah yah. 

Tapi saat itu, kebetulan Mama juga belum terlalu lama meninggal, sehingga dalam kondisi yang masih sedih banget,  gue tiba-tiba aja hamil dan kemudian melahirkan Fathir. Akibatnya berbagai perasaan yang kagak gue mengerti pun seakan berkecamuk dan bergejolak dalam dada ini…halah…

Katanya kalo menurut bahasa keren-nya sih gue terkena baby blues syndrome, tapi entahlah iya apa nggak-nya mah,  pokoknya saat itu gue sering sedih dan pengen nangis terus deh. 

Gue mulai ngeblog ketika Kayla & Fathir mesih se-unyu ini!

Awal Mula Ngeblog!

Akhirnya Abah pun membuatkan gue blog di detik, dan kemudian menyuruh gue untuk mulai menulis. Apa aja isinya terserah gue. Pokoknya nulis aja!

Dan gue pun mulai nge-blog dan sedikit demi sedikit mulai mengenal yang namanya blogwalking.

Jadi ilustrasinya sih kurang lebih kayak gini : walaupun dalam kehidupan nyata,  gue adalah seorang ibu rumah tangga yang secara fisik susah pergi kemana-mana, tapi ketika melakukan blogwalking, secara ajaib  jiwa & hati gue bisa mengembara bebas ke berbagai penjuru tempat yang tak pernah gue pikikirkan sebelumnya.

Walopun secara fisik gue berada dirumah,..

Tapi gue bisa langsung capcus dan mampir ke rumahnya Nella di Jerman buat sekedar ngintip saat ini Nella lagi sibuk nanam apaan dan baby Ben udah bisa ngapain aja…

Dan gue juga bisa nongkrong sok asyik di Inggris buat baca cerita2 random-nya Naya tentang hidup di negri orang atau hanya untuk uwel-uwel si baby Ethan yang unyu-munyu-gemesin …

Atau gue bisa meluncur ke Swedia buat kepo-in hari ini Bebe lagi masak apaan dan kemudian senyum2 sendiri menikmati gayanya baby Jo yang narsis banget kalo lagi difoto...

Dan perasaan itu sangat-sangat-sangat menyenangkan bagi gue!
Karena melalui blogwalking, gue jadi menyadari bahwa ternyata yang mengalami hal seperti ini bukan hanya gue seorang. Gue tidak merasa terlalu kesepian dan gak sedih lagi!

Indahnya Blogwalking!

Blogwalking buat gue pribadi bukanlah sekedar mencari backlink agar blog kita traffic-nya bagus, tapi berkunjung & bersilaturahmi ke rumah teman.

Sehingga ketika blogwalking, gue akan benar-benar membaca postingan mereka dengan sepenuh hati dan akan meninggalkan komentar tanpa banyak melakukan ‘perhitungan’.

Banyak perhitungan yang gue maksud disini adalah kebanyakan mikir seperti : ehm, apakah tulisannya pantas buat gue kasih komentar? Apakah tulisannya ada manfaat buat gue? Apakah gue pengen dapet backlink dari blog dia? Is it worth it?

Gue jarang memperdulikan hal-hal kayak gitu, simply hanya karena gue menganggap mereka semua adalah sahabat gue di dunia maya. Emang lo suka itungan juga sama temen lo gitu?

Justru sebenernya sih gue ini termasuk blogger yang kadang2 suka boros komentar lho…bhahahaha…

Ketika awal2 nge-blog gue sering banget mengobrik-gabrik kolom komentar para sahabat blogger dengan cara meninggalkan banyak komentar. Dalam 1 postingan gue bisa meninggalkan 3 bahkan sampai 5 komentar…bhahahaha…APA BANGET LAH ITUH!!

Kenapa? Yah seru aja gitu! Gue kan anaknya emang berisik dan suka banyak yang pengen diomongin. 

Bahkan sampai saat ini pun gue masih melakukannya di blog mbak Irma & Awan. Biasanya gue meninggalkan 3 komentar di postingan mereka, dan mereka pun biasanya melakukan hal yang sama di postingan gue…bhahahaha…

Bahkan gue sering sih,  iseng aja mampir ke blog Awan, trus tiba-tiba komentar : “Duh, Awan ini Fathir kok masih belum bisa terus sih naik sepeda roda duanya, gimana doooong…huhuhu…”

Atau ojol-ojol gue mampir aja ke blog mbak Irma, trus komentar : “Mbaaaaak, barusan aku abis nyasar di daerah Antapani. Muter2 sendiri dan susah nyari jalan pulang…bhahahaha…”

Atau pernah juga ketika abis makan di McD, gue langsung mampir ke blog Arman dan komentar : “Armaaaan, barusan gue abis makan di Mcd bareng anak2, pas pesen happy meal ternyata mainannya smurf! Jadi inget sama koleksi smurf lo!”

Dan bagi gue semua itu adalah murni kunjungan persahabatan yang gue lakukan dengan setulus hati. Makanya gue selalu menganggap blogwalking itu bersilaturahmi ke rumah teman. 

Walaupun tentu saja yang namanya ngeblog itu akan selalu ada dinamikanya, ada naik dan turunnya. Kadang semangaaat banget, tapi kadang juga suka males hehehe.

Tapi entah mengapa setelah lama gak ngeblog dan gak BW, gue akan selaluuuuuu merasa kangen lho. Duh, suka perasaan pengen tahu aja kabarnya sekarang pada gimana…
.
Pokoknya kalo kelamaan gak blogwalking hati gue suka jadi gersang dan sekonyong-konyong suka merasakan kehampaan tak bertepi gitu laaaah…halah…

Jadi dengan segala keterbatasan gue mulai dari penyakit males, gak sempet, sibuk, koneksi error atau apapun lah itu, gue selalu berusaha untuk tetap melakukan blogwalking walopun nyicil. Itulah sebabnya gue hanya sanggup posting seminggu sekali aja, karena setiap kali selesai publish gue selalu pengen keliling dan BW ke semua sahabat blogger, walopun tetap aja gak semuanya sanggup terkunjungi.

Mungkin kalo boleh jujur sih, penyakit buruk gue dari dulu adalah, gue kadang suka gak menjawab komentar2 yang masuk di blog inih…*whoaaaa…aku maluuuu, ngumpet dibalik selimut angry birdnya Fathir!*

Maafkanlah yaaaaah!

Penyakit gue dari dulu yang susah sembuhnya adalah kalo mau jawab komen selalu aja dinanti-nanti dan ketika udah mau bales, eh udah banyak aja sih!! *kemudian jadi males hehe*

Tapi semua komentar  yang masuk, selalu gue baca satu persatu dan gue simpan baik2 dalam hati gue kok hehe…makasih buat yang sering komen disini yaaah!

Kopdar seru & akrab blogger Bandung bareng Pakde Cholik di Floating Market! Pakde lagi nunjuk Lee Min Ho yang terpajang di kaos kaki gue!

 Kekuatan Blogwalking Membawa Gue ke Korea!


Jadi sejak mulai ngeblog sekitar tahun 2009, gue selalu menanamkan pola pemikiran seperti itu setiap kali melakukan blogwalking.

Dan di bulan Maret 2012, berarti sekitar 3 tahun kemudian, ketemulah gue dengan yang namanya Touch Korea Tour Blogging Contest. Kontes nge-blog yang hadiahnya 7 hari liburan ke Korea dan bertemu dengan boyband 2 PM dan Miss A.

JRENG…JRENG… 

Kontes blog yang penuh tantangan!
 Kontes Touch Korea Tour tersebut penilaiannya memakai system semi SEO, yang artinya postingan lo harus sanggup menembus halaman 1 google dengan kata kunci tertentu. Saat itu kita diberikan 7 kata kunci yaitu : tempat wisata Korea Selatan, Hallyu, Buzz Korea, Touch Korea Tour, Korea Tour Organization, duh gue lupa deh, pokoknya ada 7 kata kunci.

Mikirin SEO selalu aja bikin jiper dan suka perasaan pengen banting kulkas gitu gak sih?

Saat itu systemnya SEMI SEO, yang artinya mereka hanya akan membaca postingan yang masuk di halaman 1 google saja, dan kemudian memilih 5 blogger berdasarkan konten mereka untuk diseleksi kembali, berdasarkan wawancara dengan pihak KTO.

Jadi tantangannya bukan hanya postingan lo harus bisa nangkring di halaman 1 google, tapi konten pun tetap harus diperhatikan, dan lo harus bisa memikat mereka ketika menghadapi interview.

PENGEN NANGIS GAK SIH LOOOO!!!

Membuat Konten Unik & Kuat! 

Mulailah gue berfikir keras dan kemudian merenung sembari menatap gorden ruang tamu gue yang sangat inspiratif itu. 

Pada saat itu, sangat sulit untuk bisa memprediksi dengan pasti jumlah peserta yang ikutan kontes itu. Tapi kemudian KTO membuat suatu group di FB khusus untuk para peserta Touch Korea Tour agar kita bisa menyebarkan link postingan kita. Dan jumlah anggotanya ada….800 ORANG AJA GITU LHOOOO!!!

KAN AKU JADI PERASAAN PENGEN MENGOBRAK-ABRIK SELURUH LONDRI KILOAN YANG ADA DI MUKA BUMI INI!!!

ya iya laaah, siapa sih yang gak pengen pergi gratisan ke Korea dan ketemu mereka!
Akhirnya gue pun melakukan, investigasi, stalking, survey besar2an kepada para peserta kontes yang lain untuk mengintip sekaligus menganalisa postingan mereka hehe.

Ada 5 tema yang sudah ditentukan oleh KTO. Kalo gak salah sih 3 hal yang ingin dilakukan di Korea, 3 makanan yang ingin disantap di Korea, trus 3 hal apalagi gitu. Dan tema terakhir adalah bagaimana cara lo mempromosikan event ini apabila lo berhasil menjadi pemenangnya. Tema terakhir yang paling jarang di pilih tuh.

Lo harus ingat, pada saat itu adalah awal tahun 2012, blogosphere belum serame dan seheboh seperti sekarang ini. Belum jaman tuh yang namanya posting pake meme, komik, infografis, edit foto macem-macem atau apalah itu, karena memang belum ada aplikasinya. Paling photoshop aja sih.

Para blogger pada jaman itu murni hanya mengandalkan KONTEN. 

Kami berlomba-lomba memeras otak untuk membuat konten atau isi postingan seunik mungkin karena memang hanya itulah senjata andalan kami. 

Mengandalkan Kekuatan Blogwalking!

Pada saat itu, setelah gue analisa secara mendalam, ternyata rata-rata kompetitor gue itu blognya…jreng..jreng…sepi komentar!

Gue menganggap hal  ini sebagai suatu kesempatan besar bagi  gue!

Sehingga saat itu gue memutuskan untuk mengampil topik yang temanya paling jarang dipilih oleh kompetitor lain, yaitu bagaimana cara mempromosikan event Touch Korea apabila terpilih menjadi pemenang. 

Dan gue pun membuat sebuah postingan nyeleneh dan super unik, yang isinya menunjukkan bahwa gue adalah seorang : BLOGGER AKTIF!! 

Maka pada saat itu, gue ngebacot panjang lebar di postingan tersebut tentang bagaimana kekuatan tulisan gue bisa mempengaruhi para pembaca blog gue untuk suka sama Korea juga.

*yang mana gue benar-benar menepati janji gue, karena hal itu masih dengan setia gue lakukan sampai detik ini sih*

Postingan gue terasa unik dan segar, karena kompetitor lain rata2 memilih tema 3 makanan, 3 hal yang ingin dilakukan di Korea…blablablabla…yang mana kalo dibaca sih kayaknya isinya agak2 mirip gitu deh.



Dan yang membuat gue sangat terharu adalah, pada saat itu para sahabat blogger seakan-akan membenarkan pernyataan gue tersebut dengan cara berlomba-lomba meninggalkan berbagai komentar hangat dan penuh dukungan di postingan tersebut, sehingga tulisan gue pun terasa lebih kuat dan bertenaga. 

Ow, ow, that is co cwiiiiit… 

*boleh mampir kesini yah, walopun ternyata setelah gue cek lagi banyak komentar yang hilang karena blognya pindah platform...hiks...*

Perlu diingat juga bahwa pada saat itu, blogosphere masih belum se-gemerlap dan se-kemilau seperti saat ini lho yah. Kayaknya masih belum jaman tuh yang namanya undangan launching product ataupun tawaran job review dari brand atau agency. Bahkan komunitas pun belum teralu ramai seperti sekarang ini. Anggotanya pun seingat gue masih belum terlalu banyak. Blogger masih jalan masing2 dan belum ketemu tempat nongkrong asyik kayak komunitas blogger seperti sekarang ini.

Jadi jaman dulu itu, kalo lo mau blog lo rame, yah lo harus rajin blogwalking!

Hampir Pingsan Mikirin SEO!

Setelah kelar urusan konten, sekarang giliran ngurusin SEO-nya.

Seminggu pertama setelah dipublish, postingan gue dengan gagah berani lamgsung masuk ke halaman 1 google. Tapi seiring berjalannya waktu postingan tersebut mulai merosot.

Saat itu gue sempat berdiskusi dengan Sang Dewa SEO langsung yaitu kang Argun, karena saat itu Nchie belum bekerja disono. Dan beliau pun memberikan beberapa trik untuk bisa mendorong dan mendongkrak postingan tersebut untuk bisa tembus kembali ke halaman 1 google. 

Triknya antara lain adalah posting setiap hari, dan rajin blogwalking untuk menitipkan backlink. Dan kalo boleh jujur baru pada saat itulah gue memahami arti backlink lho.

Para sahabat blogger gue pada saat itu menyaksikan bagaimana kerasnya usaha gue untuk mencapai impian gue agar bisa pergi ke Korea. Dan entah apakah memang karena mereka merasa terharu melihat usaha gue, atau emang karena kasihan aja sih bhahaha, mereka kemudian beramai-ramai memberikan sedekah backlink kepada gue! 

Postingan kontes gue, tiba-tiba saja kebanjiran backlink!

Para sahabat blogger berbondong-bondong membuat tulisan di blog mereka masing-masing yang isinya mempromosikan tulisan gue, dan kemudian memberikan link-nya ke postingan gue.

Subhanallah…gue sampai gak sanggup berkata-kata saking merasa terharu lho…
*beberapa postingan mereka gue cantumkan di postingan kontes, tapi gak semua sih karena nantinya bakal jadi kepanjangan dan postingan gue bisa2 isinya jadi link semua*

Bantuan backlink dari para sahabat blogger ini sangat membantu postingan gue untuk tetap bisa bertahan di halaman 1 google sampai batas waktu yang diberikan oleh KTO.

Dan hal itu benar-benar terwujud!

Di hari terakhir kontes, postingan gue berhasil bertahan di halaman 1 google di daftar paling bawah, dikiiiiiit lagi udah hampir  mau ketendang tapi Alhamdulillah masih tetap bertahan.
DUH, TEGANG BANGET GAK SIH LO!!!

Makanya sampai detik ini, gue selalu beranggapan bahwa ketulusan dan keikhlasan para sahabat blogger dalam memberikan dukungan pada saat itu, turut andil dalam kemenangan gue di Touch Korea Tour.

GUE YAKIN MEREKA TULUS & IKHLAS MEMBERIKAN SUPPORT & BACKLINK.

Lo tau kenapa?

Karena mereka semua adalah sahabat gue.

Karena mereka semua sangat mengerti dan memahami mimpi gue untuk bisa pergi ke Korea.

Gue merasa bahwa pada saat itu, gue telah menuai hasil dari benih ketulusan yang telah gue tanamkan selama ini melalui kolom komentar mereka.

Kesimpulannya, keberhasilan gue memenangkan Kontes Touch Korea Tour pada saat itu dikarenakan : Konten yang unik, kekuatan blogwalking dan dukungan para sahabat blogger yang dengan sukarela menyumbangkan backlink kepada gue, tanpa diminta.

Tanpa diminta lho yah! Gue gak pernah minta lho!

ITS NOT I DID IT, BUT WE DID IT TOGETHER!!
Oh, ya dan tentu saja alasan utama paling dahsyat yang menyebabkan gue berhasil memenangkan kontes tersebut adalah karena daya tarik gue yang sangat aduhai dan tak tertahankan dalam memikat hati para juri ketika sesi wawancara berlangsung hehehe,… 

Udah jelas itu mah! *minta ditendang kulkasnya*

Berikut ini gue kutip kembali, potongan wawancara gue ketika menjawab pertanyaan dari pihak KTO. Pertanyaan paling terakhir dan sepertinya merupakan pertanyaan penentuan bagi gue. Wawancaranya berlangsung dalam bahasa Inggris, tapi gue terjemahkan yah :

Pertanyaan : seberapa percaya dirinya kamu, untuk bisa terpilih dalam event ini ?

Jawaban gue : 

I dont mean to be arrogant. But I am gonna say :95% . Why?


The reason is because I am the real blogger here. In my point of view, theres a difference between someone who has a blog, and the real blogger. Anyone can make a blog. Just one click as simple as that.


But to be a real blogger, you must have commitment and consistency. You must have schedule to publish your post and of course you also have to do blogwalking. It means visit your blogger friends and leave a comment there. I am also a member of several blogger community such as Warung Blogger, Dblogger, and Kumpulan Emak Emak Blogger.


And if you read all the comments from my blogger friends, I am sure that you can also feel their sincerity to support me. And that is not the kind of friendship that can be built in a short time. We are emotionally close, because we have shared our personal feelings through our blog.


Its like they are all sitting right behind me in this room, praying and supporting me *ngetik dengan mata berkaca kaca *


That is why, I have the courage and confidence to say 95 %…


And those answers really brought me to Korea.

Artinya :

Gue sih gak bermaksud untuk sombong, tapi gue mau jawab, 95 %, kenapa ?


Karena gue adalah ‘a real blogger. Menurut pendapat gue, ada perbedaan antara seseorang yang punya blog, dan a real blogger. Karena setiap orang bisa bikin blog dengan sangat mudah, tinggal klik doang.


Tapi untuk menjadi seorang blogger sejati, butuh komitmen dan konsistensi. Lo harus punya jadwal posting, dan lo juga harus meluangkan waktu untuk melakukan blogwalking. Gue juga tergabung dalam beberapa komunitas blogger seperti, Warung Blogger, Dblogger dan Kumpulan Emak Emak Blogger


Dan kalo lo baca semua komentar dari semua temen temen blogger gue, gue yakin lo pun akan bisa merasakan ketulusan mereka untuk mendukung gue. Dan itu bukanlah bentuk pertemanan yang bisa dibangun dalam sekejap mata. Kita memiliki kedekatan emosional, karena kita telah membagi perasaan terdalam kita, melalui blog.


Hal ini sama saja seperti mereka semua ikut duduk di belakang gue di ruangan ini, dan membisikkan kata-kata penyemangat di telinga gue*ngetik dengan mata berkaca kaca *


Atas dasar itu semua, gue berani dengan percaya diri mengatakan bahwa kesempatan gue untuk pergi ke Korea adalah 95%…


Dan jawaban itulah yang akhirnya telah membawa gue ke Korea

Dari jawaban gue tersebut, apakah lo bisa merasakan seberapa besar rasa terima kasih gue akan dukungan para sahabat blogger pada saat itu?

Tentang Blogwalking

Tapi pada akhirnya, tentu saja ketika kita membicarakan blogwalking maka semua akan kembali lagi kepada pribadi kita masing-masing. Karena niat setiap blogger untuk ngeblog tentu saja berbeda-beda dan tidak adil apabila digeneralisasi atau disamaratakan.

Tapi ketika sedang blogwalking , tiba-tiba saja gue membaca tulisan Eva, dan somehow pas baca quote-nya kok berasa jleb banget.

sumber : https://tamanbermaindropdeadfred.wordpress.com/2015/09/16/dari-fun-blogging-6-belajar-jadi-blogger-peduli/

Ingin menjadi blogger seperti apa sih kita?

Mari kita pikirkan dan renungkan kembali aja sama-sama yuk, sebenernya kita ingin menjadi blogger seperti apa?

Kalau gue sih, ingin sekali menjadi seorang blogger yang dekat di hati para pembaca dan para sahabat bloggernya. Karena itulah, gue pun selalu berusaha untuk melakukan semuanya dengan setulus hati.

Hayuk atuh mari kita budayakan kembali kegiatan blogwalking agar sesama blogger bisa semakin akrab!
Dan silahkan dimulai dari blog ini aja yah hehe.

*lho kok ujungnya modus?*

Kekuatan blogwalking mampu membawa gue ke tempat indah di Jeju island ini lho! Seriusan!


118 komentar:

  1. Wih seru bia ketemu Miss-A, tapi sayang event'a udah lewat :D

    BalasHapus
  2. bener banget ry...
    rajin blogwalking tapi kalo gak sincere juga keliatan dari komennya ya. apalagi yang cuma sekadar bilang "blog nya bagus, mampir balik ya". wuii males banget dah. hahaha.

    emang sebenernya walaupun kadang susah nyari waktu buat bw, tapi bw itu ngangenin ya karena emang temen2 blogger yang kita sering kunjungi itu udah berasa kayak temen beneran (ya emang beneran harusnya ya masa bohongan :P). jadi kalo gak berkunjung rada lama, kangen juga pengen tau kabarnya :D

    BalasHapus
  3. Teh Erry punya sahabat blogger yang luar biasa! Yang bisa ngedukung dan ngasih kekuatan buat Teh Erry. Ngerasa terharu baca ini, meski waktu itu belum ngikutin blog Teh Erry, tapi aku seneng bisa mampir dan dikunjungi Teh Erry..

    Aku termasuk yang belum konsisten ngeblog dan blogwalking. Semoga setelah baca ini semangat ngeblog dan blogwalking Teh Erry nyiprat aku, hihi

    BalasHapus
  4. semangat ngeblog langsung menggebu-gebu habis baca postingan ini. Kita emang ga pernah tau hasil. Tapi sebuah proses ga pernah menghasilkan sesuatu yg buruk, semua cuma soal waktu :)

    BalasHapus
  5. setuju banget sama tulisannya teteh nih (sok akrab manggilnya teteh ya) dan teteh tuh baik banget juga mau support para blogger baru, meskipun masih blogger baru, jarang nulis juga & isi tulisannya masih acak kadul, tapi teteh tetep mau ninggalin komen lho, aihh bener2 terharu deh..

    BalasHapus
  6. aaaaak... jadinya aku blogger atau sekedar empunya blog, mba??? *trus ngaca di depan kaca yang gede*

    posting sekali dua, BW juga kalo punya waktu luaang...huhuhuhu.... *iya, ini curcol* :((

    BalasHapus
  7. Iya bener banget, begitulah kekuatan blogwalking. Jadi berasa deket banget walaupun berawal dari baca blog dan komentar (dengan tulus). Dan kangen kalo yg punya blog gak apdet-apdet. :D

    Gak tau ya, tapi emang kerasa banget lho Teh, sebuah komentar atau tulisan yg tulus itu bisa menggerakkan hati para pembacanya.

    (Cieee banget kan komentar ku, Teh???) haha *langsung sodorin capucino cincau*

    BalasHapus
  8. Setuju banget sama postinganmu ini mb Erry. Blogger yang keren itu adalah blogger yang dekat di hati pembaca blognya dan sahabat2 bloggernya.
    Pengen atuh mbak bisa sekeren kamu :D

    BalasHapus
  9. Iri banget bs ke korea gratis, mak...qiqiqiqi...
    Saya harus lebih semangat dan ikhlas ngeblog biar bs jadi the real blogger not only someone who have a blog. Yyuuukkk!!

    BalasHapus
  10. Ok. Jadi jawaban dari postingan sebelumnya adalah aku ngeblog cuma buat nyari temen. Hahahahaha. Emang kadang pengen seh berpenghasilan juga. Tapi beneran beberapa temen blogger aku merasa beneran temen. Bukan cuma baca doang. Kayak teh erry ini. Aku pasti bilang aku ada loh temen di bandung yang pernah ke korea. Bukan bilang kenalan atau baca blognya. Tapi teman. Aaaaahhh itulan menyenangkan ya 😆

    BalasHapus
  11. bener sekali dan setuju..blogwalking emang berasa di ajak jalan2 kemana aja diseluruh dunia ya mbak...jadi kalo habis blogwalking nggak bete lagi bawaannya :)

    BalasHapus
  12. Horeeee, akhirnya bisa komen di sini :)
    Nyaris sama dengan dirimu, aku juga berusaha untuk blogwalking dan kasih komentar. Tapi, yang benar-benar postingannya aku pahami dan komennya sesuai, bukan asal komentar :D
    Katanya sih, ngeblog tanpa blogwalking dan komentar itu serasa makan bakso nggak pakai saos, kecap dan sambel :)))

    Thanks sudah sering berkunjung dan meninggalkan komentar di blogku ya, Erry :*

    BalasHapus
  13. Wah, nice post. Aku baru tahu manfaat dari blog walking dan ninggalin link akan ngaruh ke SEO muncul di halaman utama mesin pencari. Makasih ilmunya. Selama ini aku blogwalking selain karena suka sama artikelnya, banyak belajar cara menulis yang lebih baik, dan harapan terakhirnya ya dapet traffic. xD
    Dan post ini touchy banget ya. Gimana kekuatan blogging bener-bener bisa influenced people ya. Hebat! Selamat atas achievement yg didapet dr blog ya mbak.

    BEAUTY BLOG | WWW.NONAHITAMPAHIT.COM

    BalasHapus
  14. Saya terharu bacanya. Perasaan di dalam dada seakan-akan berguncang *lebaynya lagi kumat* tapi bener loh teh, saya terharu. Mungkin karena saya org nya pantang mundur mengejar impian. Jadi pas baca tulisan teh ery yg ini. Berasa bahagia dan terharu. I can feel it. :D

    BalasHapus
  15. Hmmm... saya mah anak baru di dunia per-blog-an. Kadang males naro komen walopun udah baca postingannya. Bad habit banget ya? *jadi sedih*
    Tapi saya mau berubah deh.. Mungkin yang paling penting, musti bisa manajemen waktu yang bener kali yaa supaya rajin n rutin ngeblog n blogwalking :( *masih sedih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh cumak blog walking tpi bisa ke korea :D seneng bnaget pasti kak

      Hapus
  16. The power of blogwalking nya dahsyat banget, Teh..
    Waktu ketemuan offline dg blogger juga kayak berasa udah kenal lamaaa karna blogwalking ituh.. :)
    Thanks sharingnya ya Teh.. :)

    BalasHapus
  17. Keren n fresh mbak tulisannya. Inspiratif juga :)

    BalasHapus
  18. Haloo mba Erry :D salam kenaal, new follower here! Tapi aku udah baca postingan kamu dari jaman blogdetik.

    Terharu banget baca post kali ini :') sampe berkaca-kaca, pengen nangis... izin nyimpen quotenya mba :'D aku jadi makin semangat blogging bacanya hiks hiks.

    Terima kasih udah sharing ^^v

    BalasHapus
  19. kalau bukan karena BW aku gak bisa kenal Bi Erry yang tenar itu ya. Urusan jawab komen toss aku kadang gak jawab tapi tetep di baca kok dan kunjungan balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mbak lidya ,,, emang jagooonya BW .. salim sungkem ya mbak,, hehehe

      Hapus
  20. weww... inspiring banget buat saya yang masih galau antara sekedar punya blog atau belogger beneran.
    Salam kenal mak, perasaan sih bukan kunjungan dan BW yang pertama ke sini. Udah sering juga, soalnya sudah familiar dengan bib titi teliti...

    BalasHapus
  21. Yang serasa pergi ke mana2 pdhal kitanya cuma di rumah aja, itu bener2 kerasa banget deh sama aku :D Kaya nemu kesenangan tersendiri gitu yah..
    Dulu juga aku paling hobi balesin komen, skg2 mulai melorot juga hiks..

    Duuh, qoute terakhirnya asli Makjleb :3
    Sepertinya aku masih jadi blogger yg mencari jati diri #eaaa :v

    BalasHapus
  22. Namaku disebut di postingan Bibi titi teliti tuh sesuatu banget deh hehe makasih yaaa Ry :) . BW sudah jadi makanan sehari-hari buatku, rasanya klo ga BW sehari aja pasti ada yg kurang, apalagi klo sdh sebulan ko ga pernah liat tulisan dia lagi nonggol, biasanya aku samperin deh blognya.. utk bbrp blog yg sayang dilewatkan tulisannya, spt blogmu nih Ry aku daftar langganannya via email biar langsung dapat info terbarunya hihi..


    Aku juga suka tipe komen yg boros komentar, asal bukan dari haters yaa hahaha.

    BalasHapus
  23. Keren...inspiratif...tulisannya renyah dan mengalir...aku sukaaa ....slm kenal mbak :)

    BalasHapus
  24. itu maksudnya tiba-tiba hamil itu gimana teh???? :P

    weww..udh lama banget dong ya teh ngeblognya, dari zaman fathir masih unyu2 gitu..sampe skg..

    BalasHapus
  25. seru .... Neng Erry ieu nininini.... baca-baca pingin belajar jadi anak muda.... Eh, belajar biar bisa memasuki dunia anak muda... Bagus pisan tulisannya Neng... Hayu atuh mampir ke tempat teteh... mampir betulan, wisata kuliner .... ke rumah... Jadi pengen ketemu lagi lagi sama Neng Erry anu geulis..... salam kangen

    BalasHapus
  26. go teh erry,, go,, go,, go,,, blogwalking dengan sepenuh hati itu , seperti kita sedang mengetuk pintu rumah tetangga atau teman kita, dan kita bisa saling chit-chat terus ujung2nya bisa minum dan makan dari suguhan teman kita (apaan sih, nggak nyambung) bwakakakak ,, intinya keep in touch teh erry ...
    salam kecup dari blogger (mau jadi blogger apa sih aku ini?) newbie Jogja :*

    BalasHapus
  27. Tehhh makasii banget udah sharing tulisannya tentang kekuatan blogwalking. Soalnya lutfi sesempetnya aja buat ngelakuin blogwalking. Wisss berarti kudu kasih waktu khusus ya teh buat blogwalking.

    Tetehhh satu lagi aku sering banget ngecek komentar aku di blog teteh udah dibales apa belum, setelah baca tulisan ini baru tau deh :D :D

    BalasHapus
  28. Saya belum pernah baca blog Teh Erry waktu ada event itu, tapi saya jadi pembaca setia sejak baca tulisan tentang jalan-jalan ke Korea, pertama kali pastinya kagum, gila..bisa ke Korea dengan modal nulis.. dan cara Teteh cerita tentunya bikin saya betah (sampai komentar dan jawaban-jawabannya pun bikin saya rajin untuk berkunjung di postingan yang sama). Tapi rahasia lainnya ternyata Teteh buka sendiri, karena teman-teman blogger juga.. dari blogwalking..

    Bicara keinginan saya keinginannya kurang lebih sama sama Teh Erry.. bisa dekat dengan teman-teman sesama blogger karena rajin silaturahim (dari blog biasanya lanjut ke medsos), walaupun belum pernah bertemu langsung, tapi bisa saling berbagi^^

    BalasHapus
  29. YOSHH!

    Kita separtai!

    #SejakKapanBloggerAdaPartainya
    #EhBolehJugaTuhBikinPartaiBlogger
    #hahahaha

    Semangat terus mbaakk..
    Kita bisa terus ngeblog dengan cara kita ini kok
    Sebodok ah mau kita dibilang nggak ngerti SEO kek, nyampah-nyampahin internet kek, blog nya gak ada pengetahuannya kek, bla-bla-bla kek, yang penting kita bahagia menjalani nya. yang penting kita suka

    Apa sih yang lebih menyenangkan selain bisa mengerjakan hal yang kita suka? (Dan kadang-kadang dibayar pula?)

    Salam hangat penuh cinta dari padang ;)

    BalasHapus
  30. Hihihi iya bener mbak. Akupun terharu loh.
    Bener deh. Jaman Dulu mah Mana sesolid ini ada komunitas ini itu, ya banyak temen kalo sering bw Dan saling menandai oh blog ini punya nya si A yg ceritanya blablabla.
    Nice sharing about blog walking mbak :)

    BalasHapus
  31. ini postingan tentang blogwalking yg bikin demen dan adem deh, keren banget lah mama fathir :) semoga dengan kekuatan blogwalking, perjalanan ke Korea berikutnya akan segera datang ya bi :*

    BalasHapus
  32. Tulisannya mb... Bikin saya mrinding. Saya seneng mampir2 blog. Tp alasan sibuk selalu saya jadikan kamuflase untuk sekedar ninggalin komen. Makasih ya mba . Udah ngasih pencerahan. Habis ini saya jg mw jadi real blogger yg peduli

    BalasHapus
  33. Kerennya persahabatan & support via blogwalking. Emang betul, kalau lama gak BW rasanya ada yg hampa. Hehe. Makanya aku BW kesinih lagi buat baca2 postingan yg inspiring & bikin ketawa-ketiwi, hehe.... Kalau ke Korea lagi ajak2 ya... :D

    BalasHapus
  34. Dengan kekuatan blogwalking, akan nangkring di page 1
    *sailormoon hehe

    Iya, asik sih bw itu. Kita jd bs baca banyak hal, dari yg seru sampe seru banget :)

    BalasHapus
  35. Aku gak ngerti arti SEO sih...tp kalo aku tipe blogging yg santai sih kayaknya...maksudnya ngeblog gak ngejar apa apa tp murni buat dokumentasi pribadi...kalau bisa menjalin silaturahmi dan dapat hadiah melalui blogging, itu kuanggap bonus aja...kalo jadwal blogwalkingku sih tiap hari Senin ☺

    BalasHapus
  36. Blogmu inspirasiku, aku jadi rajin bw. Tp kok belum sampai korea juga nih :((

    BalasHapus
  37. Bibi aku jadi teringat pertama kali kenal blogmu, pas blogdetik ngadain event kartinian di 21 blog cewek detik yang tenar, aku ikutan banyaaak, ngga ada yang menang. Suka sekali dengan kata2mu: ketika blogwalking, gue akan benar-benar membaca postingan mereka dengan sepenuh hati dan akan meninggalkan komentar tanpa banyak melakukan ‘perhitungan’.
    Dan aku terharuu beneer ketika dirimu menang kontes berhadiah yang ke KOrea itu, teman2 blogger keliatan banget tulus membantu, sampe vote pake email suami, sodara, tetangga segala.

    BalasHapus
  38. Karena blogwalking aku jadi kenal dengan blog bibi titi teliti dengan theme ikannya yang tenar banget itu hihihi.
    Duh itu kenapa postingan tentang wawancara ditulis lagi disini, jadi mewek lagi kan *dulu waktu baca postingan itu aku terharu banget. Semesta sudah mendukung mb Erry pergi ke Korea, salah satunya lewat dukungan teman2 blogger ya :)

    BalasHapus
  39. Mba Erry..... Setuju bangaaat BW yang tulus tidak peduli untuk alasan dan perhitungan untuk apa, tapi hanya untuk tetap menjalin silaturahmi dan saling tahu kabar masing-masing :)

    Dan benar Mba Erry, selalu ada rasa kangen kalo lama ga BW... untung sekarang Mba Erry sudah rutin 1 kali seminggu update Blognya... jadi ga ada pertanyaan lagi "Kapan Update lagi Mba Erry?" hahahhaha

    BalasHapus
  40. Hahahahha
    itu kebiasaaan kita saling tinggalin komen banyak-banyak memang seru ya Mba Erry... dan saya juga melakukan komen banyak-banyak hanya di Blog Mba Erry dan Bunda Irma saja sih, kalo di Blog orang lain takutnya dibilangin biang rusuh... heheheheh

    Mari kita pertahankan komen yang banyak itu Mba Erry... walau pun kadang komennya ga nyambung sama isi postingan... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  41. Iya ikut merasakan juga perjuangan Mba Erry untuk berjuang ke korea itu, benar-benar terlihat Mba Erry berjuangnnya dan hasil tak pernah mengkhianati usaha... berakhir Indah... Alhamdulillah ya Mba Erry :)

    dan yang seru itu pasti pake sistem vote itu Mba Erry... benar-benar senam jantung amati poling tiap hari, tapi akhirnya menang juga... Senang bangat saat itu perjuangan ga sia-sia :)

    BalasHapus
  42. I remember those good old days. Saya sama Bul ngikik gak nahan baca postingannya dan meskipun cuman sebiji dua biji backlink saya bahagiaaaa banget waktu Teh Erry menang dan berangkat ke Korea. Sama Teh. Kalo misalkan bw saya usahakan setulus mungkin dengan baca postingannya.

    BalasHapus
  43. scroll kebawah sambil geleng2,busyet biii...komentarnya banyak bingitssss hehehe.
    Pertama baca blognya bibi waktu lagi booming2nya kontes itu,semaleman baca blog aquarium,soalnya lucu aja dan seru,hiburan banget bisa ngakak nggak karuan hahaha...akhirnya sampe sekarang deh,terus kapan kita ketemu yaaaa???semogaaaa^^

    BalasHapus
  44. Aih, teteh, jadi inget masa2 itu, emang keren teman2 blogger ya

    Aku pun sekarang susah mau BW hiks... Balada ibu baru blm bisa ngatur jadwal

    BalasHapus
  45. Keceeee...! Ya. aku nemu di blogdetik. :D Aku suka kisah-kisah yang jujur tentang jadi Ibu dan kecintaannya sama Korea. Hihihi... Kisah tentang anak juga bikin aku makin suka. Hihi... Entah gimana, aku malah baru tahu ada blogspotnya. -_-

    BalasHapus
  46. Teteeh kenapa aku baru ketemu blog teh Erry sekarang-sekarang ini ya? Kalau udah tau dari dulu kan pasti dengan penuh semangat aku menjadi salah satu barikade pendukung teteh menangin kontes itu.. Untungnya sih udah menang ya Teh..Selamaat yaaa.. seneng bacanya..

    BalasHapus
  47. Saya berkunjung dimari lho mbak, blogwalking, semoga bisa ke Korea juga. hehehe. Pengen mbaaaak....

    Best regard,
    Adi Pradana

    BalasHapus
  48. WAH! KOREA! *ngiler*


    Dulu, sempet aktif BW, tapi karena sempet hiatus lalu jadi malas :|

    Oh ya teh, beneran ketemu 2PM?? Yaampuun! kalo beneran ketemu mah, kecee badai ulalala deh, teh. Aku baru bisa mimpi aja hahahaha


    Anw, postingannya seru!

    Salam kenal ya, Teh :)

    BalasHapus
  49. Jadi inget pertama kali kenal teteh ya karena yang Korean itu deh. Itu gara-gara Dani tuhhh.... Itu tuh yang orangnya nongol di atas. :D

    BW memang powernya keren teh. Salah satu SEO tools terbaik juga kok. Dan sekarang saya lagi dalam masa peralihan nih teh. Melupakan BW ke mana-mana hikssss... kangen BW tapi feedly saya isinya dah ribuan... Hiksss...

    Ya semoga penyakit malas BW saya segera ilang teh.

    BalasHapus
  50. Bibiiii, iya banget tulisan ini. Sama, aku pun jrg bls komen dan blm sanggup balas 1 1 krn aku klo bw biasanya dirapel dan lama bacanya.
    Hok o komen Bibi di blog2 yg disebutin byk bgt. Seringnya liat d blognya Bu Irma.
    Baca ini rasanya nano2, semangat berjuangnya msh kerasa. Fathir kecilnya cubi ya :)

    BalasHapus
  51. terharuuuuu.... aku masih ingat postingan2 mu zaman mengejar event ini...

    BalasHapus
  52. Buat kuuuuu, blogwalking itu menyenangkan, seperti main kerumah temen. Komentar sebagai wujud tanda bahwa saya pernah main kerumahnya, :) seneng banget bw nambah ilmu dan nambah temen

    BalasHapus
  53. Aku belum terlalu jodoh sm kuis blog, jadi belum pernah menang jalan-jalan :))
    Tapi blogwalking itu menyenangkan, bisa kenal banyak orang jadinya :)

    BalasHapus
  54. Seru banget sih nih bibi titi teliti. BW penting buat brain storming & yg pasti jd semangat ngeblog lagi.

    Salam Ecoist, Bi ;)

    BalasHapus
  55. Bibiiiiiii

    aduuuuuhhhhhhh, jadi tersanjung seri 8 lhooo, namaku disebut-sebut di postingan sama blogger idolaku! *pipi merona merah membara* trus kipas-kipas kegerahan, 'pala tiba-tiba ngegelembung kegedean hahaha.....

    aku inget banget masa-masa Korea contest itu, aduh nostalgia banget. dan inget banget aku sok sok-an ikutan lomba tapi ujung-ujungnya ngutukin si bibi aja lah biar menang, ikhlasssss, ikhlassss! ga konsisten banget deh ikutan lomba tapi ngarepin peserta lain yang menang, haha.... dan kutukanku majurrrrrrr. jadi aku tetep kekeuh sama claim-ku kalo bibi menang itu karena aku kutuk, yah? yah? yah? :-p

    dari segala rupa semua blogger yang ketemu dan kenal di dunia maya sejak mulai ngeblog tahun 2010, si bibi yang paling paporit lah, sampe sekarang donkkkk :-) ketulusannya itu lho terasa sampe ke hati yang paling dalam *hiks* terharuuuuuuuu biruuuuuu #lebay

    meski boleh dibilang aku ini blogger selfish #pengakuan, yang suka-suka bikin postingan, suka-suka update cuma kalo ada waktu, dan udah jarang banget BW #hiks, ga sesering dulu lagi maksudnya, maklum emak-emak karir ciehhhh, jadi ya pasrah aja mah sekarang miara blog-nya kalo sempet aja.

    ga ngarepin yang muluk-muluk, ga ngarep trafik, ga ngarep dikomenin, boro-boro ngarep jalan-jalan gratis, hiks, jauhhhhhhh. meski tetep ada laporan masuk kalo blogku masih dapet page-one Google pake kata kunci 'kawat gigi' sih hahaha #dikeplak!

    tapiiii, ya ituhhhh, situasi dan kondisi tiap-tiap blogger beda-beda ya kan ya kan, jadi ya gitu deh sekarang jarang BW #hiks, ga ada energi tersisa. apalagi buat nambah temen baru, apalagi udah cap cus dari komunitas yang ituuuuu #krik, *mencari pembenaran* *sok-bijak* hahaha

    jadi ngejawab pertanyaan, mau jadi blogger seperti apa?

    jawabannya ada di postingan pertama yang aku tulis dan posting ketika untuk pertama kalinya buka akun blog. kalo mulai terbawa arus dan galau abis baca-baca "jadi blogger itu harus begini begitu", aku selalu baca lagi postingan paling PERTAMA itu, dan meluruskan niat lagi, dulu ngeblog itu mau apa. ternyata cuma pengin numpahin uneg-uneg aja, ada yang baca sukur, ga ada ga papa banget. intinya pengin jadi blogger tanpa beban :-)

    jadi kalo dalam perjalanan akhirnya nemu sahabat blogger setulus dan sebaik bibi ini kuanggap bonus lah. apalagi satu hari nanti bisa kopdaran kita yah, kayak dapet JACKPOT pastinya! hehe

    peluk sayang dari inggris,
    mwahhhhh
    *ini kenapa panjang banget jadi mirip surat cinta sih, bukannya komen* #abaikan

    BalasHapus
  56. ishh... aku bacanya tersentuh. walaupun aku juga baru pertama kali kopdar sama bibi waktu acara advan itu dan kita juga gak kenal deket. tapi aku setia loh baca blog nya bibi. terkadang sih suka lupa nulis jejak. hiks...

    BalasHapus
  57. teh, aku sungguh iri pada dirimu.... hiks,teteh adalah contoh blogger yang patut ditiru. mulai sekarang aku kudu rajin blogwalking ah biar punya banyak temen juga hihihi...

    BalasHapus
  58. Mba Erry, saya kangen kalo Mba Erry balas komenter teman-teman yang masuk kaya dulu...
    Seru juga soalnya baca komen2 orang yg masuk dan cara Mba Erry membalasnya.. semoga dipertimbangkan lagi, jangan malas atuh Mba... heheheh

    BalasHapus
  59. Yups, blogwalking adalah silaturahim, persahabatan dan menjalin keakraban, agar lebih kenal. Aku saat memberi komentar, kubayangkan saja, seperti sedang berbincang dengan pemilik blog.
    Membaca blog teman juga bermanfaat, selain menambah ilmu, juga mengasah kebiasaan membaca

    BalasHapus
  60. Ini apaaa, kok aku malah mewek baca postingan Teteh ini. Kayak lagi nonton drama Korea gitu. Awalnya ngakak-ngakak, tengah ampe mau tamat mewek, akhirnya bahagia XD

    BalasHapus
  61. Keren. Blogwalking emang wajib buat blogger

    BalasHapus
  62. yeayyy..satu lagi alasan yg bikin aku semakin smngat bw,
    tengkiu mama fathir, dikau mbuat semangat bwku berkobar kobar..*sodorin momogi

    BalasHapus
  63. Wow..keren banget..silahturahmi di dunia maya..itu sih yg lagi klik di otak gw..suka banget..jadi terinspirasi deh..
    Ya ampun sangking semangatnya ampe lupa ngenalin diri, hai aku lidiya anak baru, dan baru tau manfaat blog beberapa bulan ini aja..smoga dengan baca ini gw bisa jg berkembang disini..makasi ya

    BalasHapus
  64. Waaah tulisannya bibi punya kekuatan yg menyetrum untuk lebih memaknai makna blogwalking....
    Keliatan bget yaah bibi Titi orangnya supel...
    Salam kenal dr sulawesi yg masih pemula di dunia blog...
    Muty

    BalasHapus
  65. Aaaaaaaaa masterrrr

    Harus kucontoh ini mah
    Kudu rajin bw again

    BalasHapus
  66. Seru banget ceritanya mak, pengalamannya bisa dijadikan pelajaran buat saya yang baru yesterday afternoon blogger, hihi

    BalasHapus
  67. Meninggalkan jejak itu penting ya... seneng rasanya kalo postingan yg kubuat dpt komen dari org2..
    Tapi berhubung aku seneng jd silent reader en jarang BW, yo weis terima nasib aja kl blogku jg sepi hahaha #ketawa ngenes

    Tetap semangat BW yooo...

    BalasHapus
  68. Hallo teh Erry.. salam kenal. Sering baca blog'a, tp baru komen sekarang hihi ^ ^
    Aku suka banget sama tulisan teteh. Bikin aku ketawa dan manggut2 sendiri hehe :D
    Semoga tulisannya makin lucu lagi teh, biar aku sering2 ketawa #lha haha XD

    BalasHapus
  69. terharuuu bacanyaaa...the power of BW ya maak...

    BalasHapus
  70. wkwkkw ... jadi inget masa-masa ituuuhhh. Sampe saya yang gak suka drakor pun ikutan merasa senang. Sekarang juga belum kena racun drakor, sih. Tapi yang ganteng dari Korea itu apa kabarnya? :D

    BalasHapus
  71. hahaha... ayo ah kita blog walking :)
    seperti mak Myra, saya pun belum kena racun drakor mak Erry :) walaupun saya tetap seneng baca segala macam ttg drakor ala mak Erry :)

    BalasHapus
  72. BW ke blog Teh Erry sesuatu banget, tak hanya menikmati postingan, komen para sahabat atas postingan pun sangat menarik. Melalui BW jadi 'kenal' dengan seleblog Bibi Titi Teliti.
    Salam

    BalasHapus
  73. blogwalking trus ikrib trus bisa kopdaran...tu deh..manstap suratap ya teh

    BalasHapus
  74. aku mauuuuuuu dong diajak...
    hikz...
    btw ditunggu jadwal selanjutnya yang ramah anak ^^

    BalasHapus
  75. ngebacanya jadi tersentuh gini mba :)

    BalasHapus
  76. Kalau aku sih suka aja kesini karena kontennya unik. Selain itu karena Mbak rajin BW ke tempat saya. Malu dong klo gak di BW balik. Apa kata Abah nantiii wkwk

    BalasHapus
  77. SERIUSAN itu Teh ? lg di pulau Jeju fotonya ???? IHHHH WAAAAAWW!!! akkkk...
    next time nebeng di kopernya Teteh bisa meureuuuuunnnnnn.... >.<

    BalasHapus
  78. Sudah banyak orang yang mampu merubah mimpi menjadi nyata dengan jalan ngeblog. Seperti Bibi Titi Teliti, saya juga merasakan hal ini, tak pernah sebelumnya mengira bakal menerbitkan sebuah buku dengan namaku sebagai penulisnya. Subhanallah, walhamdulillah.
    Jika begitu banyak hal positif dari ngeblog, kenapa harus mengabaikannya.
    Mari, kita sebarkan kebaikan melalui tulisan.

    BalasHapus
  79. WaW
    Jujur aja mbak, gw baca dari leptop agak males panjang banget sih curhatannya, pas mau tidur agak penasaran nih orang tadi ngomong kekorea tp kok baca sekilas tentang blogwalking, rasa penasaran itu gw ambil hape ubek2 gugel cari link blog ini, udah ketemu gw baca ternyata ini toh intinya haha... Ternyata blogwalking banyak manfaatnya ya, terimakasih mbak, sukses buat keluarga n blognya ya, salam

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. edaan banget yaa teh kekuatan blogwalking tuh..

    tapi kalo aku bilang sih, teh erry bibi titi teliti orangnya emang asyik, postingannya lucu dan asyik, kalo komen pas blogwalking juga asyik, smua juga mau jadi sahabat bloggernya teteh.. hehehe

    pokonya semenjak posting "aqua galon", aku padamulah bibiii titi telitiii kesayangan :*

    BalasHapus
  82. Dirimu memang keren teh. Aku blog walking buat ngilangin penat.. selain nonton drama tentunya. Setelah baca tulisan ini jadi tambah semangat BW

    BalasHapus
  83. Ahhh kamu mahh emang blogger te o pe be ge te lahhh ry..,...dan jadi tertabok juga kalo ditanya mau jadi blogger kayak apaaa yaaa? Hmmm, aku mah semedi dulu dehh baru tau jawabannya...hihihi...terimakasih yaaa suka blogwalking ke blog akuhhh....

    BalasHapus
  84. Blog bibi titi emg salah satu blog favorit ku walau aq ga py blog tp suka dgn gaya tulisan bibi..

    walo kadang2 aja ninggalin komen tp dibaca sampe tuntas itu wajib.. *kemudian ditoyor ji chang wook

    BalasHapus
  85. Jadi jawabannya : rajin nulis posting tiap hari, dan bw tiap hari? Heuheu.. pr banget itu hihi.. salam bw ya mak.. memang kekuatan bw itu ngangenin sangat.. :)

    BalasHapus
  86. Aku juga suka BW walau kadang nggak ninggalin komen. Kalau lagi suntuk biasanya BW-in blog temen2

    BalasHapus
  87. Ih, padahal waktu itu aku udah komen, Teh, ternyata nggak masuk, toh. Kenapa sih nggak di detik nggak di dot com kolom komen Teteh sensi banget sama aku? *mulai bakar menyan*
    Kalo nggak salah aku juga nyasar di blog Teteh karena pas BW ke sini kok ngebahas Teteh, BW ke sana ngebahas Teteh, ya udah aku berkunjung. Eh nggak lama Teteh BW balik ke blog-ku ^^
    Terus lanjut ke facebook dan twitter dan ke mana-mana ya, Teh. Ajaib banget emang yang namanya BW ^^

    BalasHapus
  88. BW juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi.

    BalasHapus
  89. akhir2 ini lagi susaaaaah bgt BW euy, Bi. kalo udah posting biasanya udah keburu dikejar kerjaan lain gitulaah *sok sibuk* >_<

    BalasHapus
  90. terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

    BalasHapus
  91. lagi mencoba rajin blogwalking, tapi biasanya terkendala sama waktu sih :D *sibuk sama kerjaan* XD

    BalasHapus
  92. wah, keren banget tuh mbak
    pengen juga bisa kayak gitu

    BalasHapus
  93. Wah, keren dari blogwalking bisa pergi korea.

    BalasHapus
  94. setuju banget teh. mungkin kita sering denger buku adalah jendela dunia. blogwalking mungkin bisa sebagai pintu dunia mungkin ya. :)

    BalasHapus
  95. modal blogwolking bisa ke luar negeri? kereen -_-

    BalasHapus
  96. Aaah Mbak Titiiiiii!

    Kangen banget aku dah lama gak main-main ke sinu. Tau-tau udah ke Korea aje. :v

    BalasHapus
  97. wihh keren banget kak blogwalking bisa sampai jalan-jalan korea :D

    BalasHapus
  98. *semangat BW langsung berkobar abis baca postingan ini

    Makasih teteh Erry :*

    BalasHapus
  99. wooo asik bener tuh blog walking bisa sampek ke korea sgala :D

    BalasHapus
  100. wah asik banget bisa sampe ke korea, saya jadi makin semangat nge blog, masi baru tapi jadi semangat semoga ada rejeki yang dateng dari ngeblog

    BalasHapus
  101. Menginspirasi banget mbak tulisan blog-nya. :)

    Sepakat juga apalagi kalimat yang ini "Blogwalking buat gue pribadi bukanlah sekedar mencari backlink agar blog kita traffic-nya bagus, tapi berkunjung & bersilaturahmi ke rumah teman." :D

    BalasHapus
  102. Waah, keren bgt mbak pengalamannya..
    pengen bisa main2 k korea juga ketemu sama oppa-oppa ganteng :D

    Tahun ini ada lagi nggak ya kompetisinya?

    BalasHapus
  103. terima kasih mbak, informasinya sangat bermanfaat, gak tau ne, setelah dibaca kok jadi semangat banget pengen kerja terus, terima kasih mbak, terima kasih...terima kasih..

    BalasHapus
  104. makasih infonya ya kak, sangat membantu untuk menaikan pengunjung jualan saya www.jaketmurahbandung.com

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com