Pages

Saturday, December 23, 2023

Indonesia Mendongeng Bersama Rumah Zakat

Gue termasuk ibu-ibu yang percaya kalo mendongeng atau bercerita ama anak tuh merupakan salah satu cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai tertentu sama anak lho.

Ketimbang sekadar menasehati yang mungkin bakal terasa membosankan dan biasanya sih cuma masuk kuping kiri dan keluar kuping anak aja buat anak, mengemasnya dalam bentuk cerita bakal bikin anak jadi ngerasa lebih tertarik. Bahkan kalo ceritanya seru dan berhasil bikin anak terkesan, bisa jadi ia akan terus mengingatnya dan menyimpannya dalam hati.

Gue inget waktu Kayla dan Fathir masih kecil, gue sering cerita tentang si kancil yang balapan lari sama kura-kura, gimana dia bermalas-malasan bahkan sempet tidur-tiduran dulu karena menyepelekan kemampuan kura-kura yang lambat. Namun pada akhirnya kegigihan kura-kura berhasil bikin dia menang balapan.

Kisah si belalang yang bermalas-malasan sedangkan semut yang rajin bekerja mengumpulkan makanan di musim panas juga sering gue ceritakan pada anak-anak. Gimana ketika musim dingin tiba, semut bisa dengan nyaman menikmati makanan yang sudah dikumpulkan, sedangkan belalang hanya bisa kelaparan.

Gue terus-terusan mengingatkan anak-anak betapa sifat malas tuh pada akhirnya hanya akan bikin kita menyesal di kemudian hari. Dari pada, gue cuma ngomel-ngomel dan bilang jangan males aja, menerapkannya dalam sebuah cerita bikin anak jadi lebih terkesan.

Makanya gue tertarik banget sama program Indonesia Mendongeng dari Rumah Zakat yang ternyata saat ini sudah berjalan selama satu dekade dan rencananya akan diselenggarakan di 57 titik di Indonesia yang tersebar di 29 kota kabupaten/kota di 17 provinsi. Ini sih program yang keren banget!


Rumah Zakat Menggelar Indonesia Mendongeng

Tahun ini adalah tahun ke-10 pelaksanaan Indonesia Mendongeng. Kegiatan yang merupakan kolaborasi dengan LKG TPQ Solo Raya sejak tahun 2013. Program ini setiap tahunnya selalu dihadiri puluhan ribu anak anak se-Indonesia untuk menikmati kisah dan cerita edukasi dari para kakak kakak pendongeng. Tahun ini tema yang diangkat adalah "Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta". Tema ini penuh makna karena bisa menumbuhkan rasa cinta kepada sesama ummat dan alam semesta di dalam diri para anak anak dan santri TPQ.

Mengingat saat ini saudara saudara kita di Palestina sedang berjuang mempertahankan tanah tumpah darah mereka. Dan kita selaku ummat muslim, perlu bersuara dan berdoa untuk keselamatan saudara saudara kita di Palestina. Oleh karenanya di edisi satu dekade ini kami juga mengajak para santri dan anak anak Indonesia untuk menyisihkan sebahagiaan harta untuk infak terbaiknya untuk Palestina,” ungkap Al Razi Izzatul Yazid selaku Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat.


Untuk bisa konsisten menggelar acara sebesar ini selama satu dekade, pastinya dibutuhkan komitmen yang tinggi dari Rumah Zakat. Gue tertarik dan sempat bertanya mengenai berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh para relawan dalam mengadakan Indonesia Mendongeng selama 10 tahun.

Chief Program Rumah Zakat yaitu HM Sobirin menyampaikan memang tidak mudah dan menghadapi banyak kendala untuk bisa menyelenggarakan acara tersebut setiap tahunnya. Mulai dari mencari sponsorship, menyesuaikan jadwal para relawan dan masih banyak lagi. Saat ini Rumah Zakat bekerja sama dengan berbagai komunitas dongeng di berbagai kota, salah satunya adalah Kampung Dongeng.

HM Sobirin juga menambahkan bahwa dalam setiap program yang diadakan oleh Rumah Zakat, selalu ditanamkan 3 ruh yaitu : membahagiakan, memberdayakan dan menyelamatkan. Program Indonesia Mendongeng diharapkan dapat menyampaikan semangat dari ketiga ruh tersebut kepada anak-anak Indonesia.

Bantuan untuk Palestina

Hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan 32671 paket makanan siap saji, 1515 paket obatan-obatan ke RS Gaza, 2472 paket food basket, 180 pakaian musim dingin, 207 Hygiene kits, 3640 kaleng kornet Superqurban, 3 truk kontainer bermuatan full logistik dari Cairo-Gaza, 3.500.000 ltr air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut.

Bagi temen-temen yang tertarik untuk ikutan bergabung, sekadar info aja setiap tahunnya Rumah Zakat membuka rekruitmen untuk menjadi relawan lho! Bisa cobak buat ikutan di tahun depan yah!



No comments:

Post a Comment