Maju Bersama Ninja Academy

Wednesday, September 16, 2020

Pandemi ini benar-benar telah mengubah hidup kita.

Sepertinya semua rencana kehidupan mulai dari rencana megah sampai receh yang sudah tersusun dengan rapi hancur berantakan menjadi serpihan lho. Pandemi yang kita pikir bisa selesai dengan segera supaya keadaan bisa kembali seperti semula, ternyata masih betah aja menggerogoti kehidupan kita.

Sudah 6 bulan gue dan anak-anak dengan ikhlas mengurung diri di rumah. Hanya Abah saja yang masih keluar rumah untuk bekerja. Itu pun gue melepas kepergiannya dengan berat hati. Bahkan gue baru saja menerima kabar bahwa salah satu tetangga di komplek gue positif terkena covid-19.

Sepertinya si virus sudah menyelinap diam-diam untuk berada di sekitar kita. Covid 19 saat ini sudah bukan hanya sekadar berita di timeline, tapi sudah terasa nyata karena telah mengenai orang-orang terdekat kita.

Terhambatnya Roda Ekonomi Selama Pandemi 

Gue sekeluarga termasuk yang beruntung karena tempat di mana Abah bekerja masih berjalan dengan baik, sehingga keuangan keluarga masih lumayan stabil *walau tetep harus ngirit juga sih*. Tapi di luar sana banyak sekali usaha yang hancur gara-gara pandemi ini.

Berbagai restoran, tempat hiburan, hotel dan masih banyak usaha lain yang terkena dampaknya. Padahal Bandung tuh udah kayak surganya tempat nge-hedon dan nongkrong-nongkrong gemesh gitu kan yah.

Sebagai blogger gue dulu sering diundang untuk hadir di berbagai tempat nge-heits untuk membantu mempromosikan usaha mereka. Tapi sekarang sudah mati suri semuanya. Aslik sedih banget!

entah kapan bisa bebas merdeka review cafe lagi

Berusaha Bangkit dari Pandemi

Tapi merasa sedih dan cemas berlarut-larut gak akan menyelesaikan masalah. Udah 6 bulan lho! Udah saatnya untuk bangkit dan mulai beradaptasi dengan keadaan ini!

Entahlah apakah cuma gue aja, tapi belakangan ini group whatsapp gue isinya jualan semua lho hahaha!

Mulai dari grup sekolah Fathir, grup sekolah Kayla, grup reuni kuliah, grup RT 09, grup arisan, grup Kdrama 1, grup Kdrama 2, grup Kdrama 3 spesialis team baper (buset deh emang punya berapa grup Kdrama nih mbak?)

Ternyata bukan cuma gue aja sih, di grup whatsapp Abah juga ternyata sama aja kelakuannya hahaha. Untuk gue sendiri selama barang yang dijual adalah makanan dan harganya masih terjangkau sebisa mungkin dibeli aja sih. Hitung-hitung jajan dan sekalian bantu temen juga.

Di media sosial juga mulai terasa atmonsfer yang serupa, makin banyak aja yang jualan. Bahkan yang unik di twiter tuh setiap kali ada thread viral, di tab reply isinya akun jualan semua haha. Di tweet viral gue yang lagi ngebahas tentang oppa, di bawahnya banyaak bener yang nitip jualan. Yah namanya juga lagi usaha kan yah, gue sih gak ada masalah.

Tapi gue sih senang melihat fenomena ini, karena berarti sudah mulai banyak temen-temen yang bangkit dan banting setir untuk mulai berjualan.

Menciptakan & Memanfaatkan Tren untuk Bisnis

Memang hari gini mah kita harus bisa lebih jeli dalam melihat trend yang sedang berkembang untuk bisa dijadikan peluang yah.

Rebahan sambil scrolling timeline juga sekarang mah kudu ada faedahnya! Jangan hanya buat sekadar nyari bahan julid aja *bukan aku* tapi buat nyari trend apa yang saat ini lagi rame. Kemudian merumuskan jurus-jurus bisnis yang bisa diterapkan.

Kalau menurut gue sih saat ini bisnis kuliner lagi nge-heits bener deh. Masa pandemi gini, kita bawaannya kan emang pengen ngemil terus tuh. Setelah kopi dalgona, bittersweet, sekarang yang lagi banyak digemari adalah Korea Garlic Bread (mendadak laper). Tapi makanan klasik kayak seblak, risoles, siomay, atau berbagai cemilan keripik juga masih melekat di hati sih.

Tinggal kitanya aja yang harus peka nih dalam menanggapi trend dan gimana caranya menangkap peluang yang ada. Bakal lebih unik kalo bisa bikin menu makanan klasik tapi diberi sentuhan yang lagi nge-trend saat ini.

Setelah menemukan produk yang cocok, kita juga harus memeras otak untuk bisa super-duper kreatif dalam mempromosikan produk yang kita miliki. Di era digital seperti sekarang ini kita harus berkenalan dengan berbagai platform media sosial yang saat ini sedang happening dan banyak digemari. Mulai dari twiter, instagram, blog, youtube bahkan tiktok yang lagi rame banget di kalangan anak muda.

Ketika pandemi seperti ini, pastinya akan banyak orang-orang gabut yang manteng terus di media sosial, jadi kita bisa memanfaatkan moment ini dengan cara bikin konten promo yang kreatif kalo perlu sih sampai viral hehe.

Ketika gue lagi gentayangan di timeline untuk mencari ilmu seputar bisnis, gue tiba-tiba aja nyangkut di youtube-nya Ninja Xpess. Niatnya sih cuma lihat-lihat doang tapi akhirnya malah nonton sampai tamat dong video OASIS dengan tema : Ciptakan dan Manfaatkan Tren untuk Bisnis ala Jenahara. Kelar nonton berasa sangat terinpirasi. OASIS tuh Obrolan Asik Seputar Bisnis dan tayang seminggu sekali di chanel youtube Ninja Xpress.

Di salah satu Konten OASIS yang lain juga ada yang yang membahas : Cara Cermat dan Hemat Membuat Konten Video dijelaskan dengan panjang lebar tuh. Sebaiknya pembuatan konten tidak dalam bentuk hard selling. Contohnya ketika kita berjualan seblak, ada baiknya konten kita isinya jangan hanya jualan aja.

Bisa juga diseling dengan konten seputar makanan pedas. Iya juga sih, kita juga kan suka males kalau follow akun yang isinya hanya jualan doang. Mantab nih emang konten OASIS! Bisa dapet banyak insight baru kalau habis menonton videonya deh.

Saran gue sih buat temen-temen yang saat ini sedang merintis usaha, mending buruan melipir ke chanel youtube-nya Ninja Xpress dan kepo-in SEMUA konten OASIS yang di-publish di chanel tersebut. BENERAN NAMBAH ILMU BANGET SIH! (maap gak santey!)

Tentang Konten OASIS dan Ninja Academy

Konten OASIS di chanel Youtube Ninja Express tayang seminggu sekali dengan topik yang berbeda. Seperti tentang hukum, financial, media sosial dan masih banyak lagi.

Satu hal yang paling gue suka ketika menonton OASIS adalah walau tema yang diusung lumayan serius tapi tetap dikemas dengan gaya santai karena pembawa acaranya adalah komika atau standup comedian. Jadi makin betah nontonnya walau durasi lumayan panjang.

OASIS dengan tema Ciptakan & Manfatkan Tren untuk Bisnis ala Jenahara dipandu oleh Soleh Solihun yang emang pada dasarnya udah kocak. Kemudian gue juga sempat menonton konten OASIS dengan tema Sukses Jualan di Pasar Virtual yang dipandu oleh Mo Sidik dengan berbagai celetukan khasnya yang lucu.

Selain harus pantengin terus konten OASIS di youtube, buat temen-temen yang sedang memulai usaha wajib juga melipir ke Ninja Academy lho.  Bisa dapet banyak materi bermanfaat dan ada jadwal OASIS juga, biar gak ketinggalan berita.

Dukungan Ninja Xpress Bagi UMKM Melalui #ObsesiUntukNegeri

Di masa yang sulit seperti sekarang, ketika hampir semua lapisan masyarakat sedang terpuruk dan merasa putus asa, gue sih senang banget karena ternyata masih ada aja perusahaan yang peka dengan situasi ini dan ingin melakukan perubahan!

Ninja Xpress adalah penyedia logistik terkemuka di Asia Tenggara dengan cakupan layanan meliputi 6 negara. Ninja Xpress juga sangat mendukung industri bisnis UMKM dengan cara menyediakan solusi pilihan yang fleksibel bagi pelanggan, serta kemudahan sistem yang memungkinkan pelacakan paket secara real-time.

Mantab dong yah, jadi kita udah gak usah gelisah lagi menanti kedatangan mamang paket kalo abis belanja, tinggal lacak aja sendiri udah sampai mana nih paketnya.

Untuk mewujudkan dukungan nyatanya terhadap UMKM dan brand lokal, Ninja Xpress meluncurkan kampanye  #ObsesiUntuk Negeri dengan cara melakukan berbagai program inisiatif seperti Ninja Academy mau pun program kolaborasi. Keren sih!

Para pemilik UMKM yang baru merintis pastinya bagai melihat secercah cahaya dengan adanya program berfaedah seperti ini. Semoga dengan diadakannya berbagai program seperti ini, kita bisa bangkit kembali dan maju bersama yah. Semangat terus yah semuanya!

24 comments:

  1. Kalau aku lihat, banyak orang memang akhirnya memanfaatkan pandemi buat bisnis online. Cuma kita-kita nih yang memang belum berbakat yang harus ngirit biar tetap aman jalani hidup #Halah

    ReplyDelete
  2. Perusahaan jasa pengiriman temennya UMKM & brand lokal nih untuk pengiriman produknya ya. Deket rumahku juga ada nih ninja Expres

    ReplyDelete
  3. suka nih kalau jasa pengiriman bisa lacak paket secara online apalagi update terus jadi nggak was was dengan paket kita udah nyampe mana

    ReplyDelete
  4. NInja Academy ini emang lagi rame nih, salah satu temenku bisnis ini dan lumayan banget hasilnya, apalagi di jaman pandemi ini memanfaatkan bisnis onlen jadi favorit

    ReplyDelete
  5. iya, di grup wa ku juga banyak yang tiba-tiba nawarin barang dagangan.
    Ninja express ini kurirnya baik banget, saya kan kalau belanja online pakai alamat kantor, kalau ada paket pasti dititip di pos satpam. Kalau expedisinya pakai ninjaexpress, kurirnya pasti telpon, mengabarkan kalau barangnya sudah dititipkan di pos satpam

    ReplyDelete
  6. Ada Jenahara juga, aku suka banget sama dia dan sempat ngobrol juga tentang bagaimana dia jalanin bisnisnya.

    ReplyDelete
  7. Wah, baru tahu ih ada Ninja Express. Cari tahu kantornya di kotaku ahhh. Siapa tahu ntar bisa cocok

    ReplyDelete
  8. Aku baru denger nih ninja academy, tapi ini bener2 bawa angin segar di tengah kondisi pandemi. Kaya kerjasama yg saling menguntungkan dengan para pedagang online

    ReplyDelete
  9. Kalau bisnis online memang kadang kendalanya di ongkir. Jadi program ninja Express ini akan membantu UMKM sekali...saluut yg tetap semangat dan terus bergerak..

    ReplyDelete
  10. Wah ninja academy, bisa semakin membantu bisnis online makin berkembang...

    ReplyDelete
  11. Baru tai ada kampanye #obsesiuntuknegeri nih. Aku blm pernah ke channel ninja ekspres sih tp langganan belanja ongkirnya lewat ninja. Pelayanannya mayan banget dg harga yg terjangkau dibanding yg lain

    ReplyDelete
  12. Waah bagus sekali ya mbk program dari Ninja Xpress ini buat UMKM. Jadi penasaran sama akun youtubenya. Meluncuur ah..

    ReplyDelete
  13. Seneng y teh bisa nambah ilmu lewat ninja express akupun ngikutin yg OASIS dengan tema Ciptakan & Manfatkan Tren untuk Bisnis ala Jenahara kmrin

    ReplyDelete
  14. Aih keren ih inovasinya Ninja Express. Gesit banget memberikan yang terbaik, terutama di situasi pandemi seperti ini. Meskipun belum pernah pakai layanan Ninja Express, saya udah nonton beberapa kali nih tayangan Ninja Academynya :)

    ReplyDelete
  15. Wah bagus nih kolaborasinya. Zaman skrng emang butuh sinergi atau kolaborasi utk bisa meraih kesuksesan ya mbak. Seneng banget Ninja bikin program buat UMKM, semoga saja ya bisa sukses bersama

    ReplyDelete
  16. Iya semua berusaha bertahan di tengah krisis ini ya teh, semoga diberi kesehatan dan kesabaran..aku pun merasakan ngos-ngosan, untung masih ada job blogger..Alhamdulillah..

    ReplyDelete
  17. Kayanya saya udah kenal ninja express ini lumayan lama... Sejak sebelum pandemi udah beberapa kali dapat paket via ninja express... Memang memuaskan :)

    ReplyDelete
  18. Aku setuju ni Mba, walau pandemi tapi roda ekonomi harus bergulir karena pandemi makin mendekatkan dengan kondisi resesi. Semoga banyak uang yang mengalir di masyarakat karena usaha, jadi resesi bisa ditekan dan pertumbuhan ekonomi bisa digenjot. Tapi syaratnya masyrakat harus tetap patuh protokol biar SDM nya tidak tumbang

    ReplyDelete
  19. Wah, asyik Memang ngobrol sama kak Jenahara. Saya pernah ketemu langsung sama dia memang inspiratif banget orangnya. Alhamdulillah ketemu orang yamgmengispirasi itu bahagia yaa mbak. Jadi taumau ngapain aja setelah ini

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah meski kondisi tak mudah seperti sekarang masih ada sarana untuk menimba ilmu sekalian mengais rejeki ya...

    ReplyDelete
  21. Bagus ya Ninja Xpress bantu para pemilik UMKM untuk terus maju. Video yang tayang di channelnya juga bisa jadi inspirasi gimana caranya promo jualan tanpa terkesan hard selling gitu.

    ReplyDelete
  22. Suka sama kolaborasi Ninja Express dan UMKM ini semoga bisa mendongkrak penjualan para UMKM.
    Coba nanti mau kepoin YouTube Ninja Academy.

    ReplyDelete
  23. Aku suka bangeeettt sama kolaborasi semacam ini Mak. Beneran bisa ngangkat tren terbaru era new normal dan bikin masyarakat nggak ragu buat segera beralih ke digital untuk sarana marketing bisnisnya. Semoga program ini sukses dan jadi contoh lebih banyak brand di luar sana :D

    ReplyDelete
  24. aku tadi baru lewat kantor ninja cabang aceh lho.. pas banget baca postingan teh ery tentang ninja academy ini.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS