Menyambut New Normal

Tuesday, June 23, 2020


Setelah hampir 4 bulan terisolasi penuh di rumah, akhirnya pemerintah menerapkan New Normal.

Gue sendiri sejak bulan Maret aslik gak keluar rumah sama sekali sih. Okay, paling cuma beberapa kali ke Warung Mama Ajeng beli beberapa barang yang kehabisan atau kelupaan waktu belanja bulanan. Tapi hampir semua kebutuhan sebisa mungkin dibeli secara online aja sih. 

Gue juga berusaha agar semua transaksi dilakukan secara cashless aja deh. Gue rada parno kalo harus megang duit, bawaannya pengen cuci tangan terus. Itu seonggok uang yang tergeletak manja di laci sampai pada berdebu jarang disentuh karena kebanyakan belanja non tunai aja hehe 

Gue beruntung banget karena diberikan privilege untuk bisa bekerja di rumah aja. Memang selama ini kan kerjaannya lebih banyak dilakukan secara online, hanya sekali-sekali aja harus keluar rumah ketika diundang untuk menghadiri event blog. 

Buat teman-teman yang sudah harus keluar rumah untuk bekerja, semangat terus yah dan semoga selalu diberikan kesehatan. Jangan lupa untuk selalu menjalankan berbagai protokol kesehatan ketika di luar rumah lho. Jaga jarak, pakai masker dan sering-sering cuci tangan.

jangan lupa pake masker gais!
Abah sendiri sudah mulai bekerja, walau masih diberlakukan jadwal piket jadi gak harus pergi setiap hari sih. Tapi berasanya berat banget setiap kali harus melepas kepergian Abah untuk pergi bekerja deh, okay AKU LEBAY! Hahaha Ketika Abah pulang, gue pun akan menyambut Abah dengan penuh sukacita, walau gak bisa cium tangan dulu. Tunggu Abah selesai mandi dan bersih-bersih dulu baru bisa ngobrol tenang sembari berdekatan.

Sekarang sih jiwa gue udah bisa lebih nyantai menghadapi kehidupan yang terpaksa harus berdampingan dengan COVID-19 ini walau tetap waspada lho yah. Nyantai tapi tetap waspada. Namun untuk bisa mencapai fase seperti ini, butuh perjuangan banget lho. Awalnya gue sempat merasa sangat tertekan dan bawaannya cemas terus karena harus berdiam diri di rumah. 

Jadi di postingan kali ini gue bakal curhat sedikit tentang berbagai kejadian yang gue alami selama masa pandemi, berikut gimana cara mengatasinya.

Memberikan Pengertian kepada Anak-Anak

Sebenarnya selama di rumah aja yang lumayan menjadi PR besar bagi para orang tua adalah memberikan pengertian kepada anak-anak tentang bahaya COVID-19 sih.

Kayla sudah SMA sedangkan Fathir sudah kelas 4 SD, jadi dari segi usia mereka memang sudah bisa diajak diskusi dan mengobrol serius sih. Tantangan terbesar bagi gue adalah membuat mereka tetap teguh dan tegar dari gempuran teman-teman mereka yang pada cuek berkeliaran di masa pandemi ini.

Contohnya saja di komplek rumah gue anak-anak sebaya Fathir sudah bermain riang gembira tanpa masker dengan bebasnya. Sedangkan Fathir masih terkurung di dalam rumah selama 4 bulan dan hanya bisa menatap nanar mereka yang sedang bermain dengan penuh keinginan hahaha.

Sedangkan Kayla karena sudah SMA, biasanya godaan teman-teman dari media sosial lumayan besar. Dia sempat keheranan pada beberapa temannya yang udah mulai nongkrong sana-sini tanpa merasa takut. Tapi untunglah Kayla tetap teguh pada pendiriannya dan menolak ajakan mereka untuk ikutan nongkrong haha.

Gue sendiri berusaha untuk lebih fleksibel dan melonggarkan berbagai aturan supaya mereka bisa betah di rumah aja. Berusaha untuk lebih sabar dan gak mudah terpancing untuk ngomel hanya karena masalah sepele. Kalau dulu biasanya gue langsung merepet ketika mereka malas mandi atau susah disuruh beresin kamar, sekarang mah gue berusaha untuk nyantai aja deh hahaha. 

Memberikan pengertian kepada anak-anak tentang bahaya COVID-19
 Menjaga Kesehatan

Hal ini menjadi prioritas utama gue sebagai ibu di rumah. Sesungguhnya gue tuh dari dulu suka malas masak dan lebih sering membeli makanan aja sih. Tapi sejak COVID-19 menerpa gue berusaha membulatkan tekad untuk lebih rajin memasak, walau tetap cuma seadanya aja sih. Ya udah lah yah yang penting anak-anak makan sayur haha

Di rumah sebisa mungkin selalu tersedia buah dan anak-anak gue cekokin dengan vitamin setiap hari. Imunitas harus kuat supaya kita tidak mudah terserang virusnya nih.

Tapi jujur aja yang masih kelimpungan buat gue sih olahraga nih. Sejak di rumah aja, sulit banget untuk membangkitkan semangat berolahraga. Dulu sih sebelum corona menerpa gue rajin lari di jogging track komplek rumah, minimal seminggu 3 kali deh. Sekarang masih mencari bentuk olahraga yang nyaman dilakukan di rumah nih. Sulit banget karena kalau di rumah bawaannya tuh pengen rebahan terus hahaha.

Membatasi Media Sosial 

Ketika awal menjalani self-quarantine sekitar bulan Maret, gue bawaannya parno terus lho. Saking pengen update dan gak mau ketinggalan, gue jadi keseringan baca berita dan stalking gak jelas di medsos. Semua berita seputar COVID-19 gue baca dengan penuh penghayatan. Walau udah berusaha membedakan mana berita yang sesuai fakta dan mana yang hoax, tapi ternyata tetap aja gue terpengaruh lho.

Pernah pada suatu malam gue mimpi positif terkena corona dan ketika terbangun gue beneran jadi sesak napas lho. Langsung bangunin Abah dan minta dipeluk ditenangkan sembari menangis huhuhu. Ternyata walau secara logika sudah berusaha memilah berita, tapi di bawah sadar mah tetap aja merasa cemas lho.

Ternyata kebanyakan membaca berita di medsos tuh emang kurang baik bagi ketentraman jiwa gue. Sehingga gue memutuskan untuk membatasi diri dan berusaha membaca seperlunya aja. Saat itu sih pelarian gue tentu saja drama Korea lah. Ketika membuka media sosial gue hanya membaca berita receh seputar drama Korea saja hahaha.

Memilih Sumber Berita yang Tepat

Setelah mulai berasa tenang dan gak mudah panik atau cemas ketika membaca berita, gue pun mulai memberanikan diri untuk berselancar lagi di dunia maya tapi menyeleksi sumber berita.

Untuk berita seputar kesehatan, gue sih memilih Halodoc karena selain lengkap dan update banget, sumbernya juga terpercaya jadi bacanya gak berasa was-was. Halodoc juga menyediakan layanan kesehatan melalui aplikasi dan website lho, bisa langsung install saja di Playstore.


Sebenarnya sih yang paling penting di masa pandemi seperti sekarang ini yang mana kita harus berdiam diri di rumah aja dan gak bisa pergi kemana-mana, Halodoc bisa memberikan solusi kesehatan yang menenangkan. Aplikasi Halodoc bisa menghubungkan kita dengan dokter, laboratorium, apotek bahkan menyediakan jasa pengantaran. Bisa beli obat dan minta diantar ke rumah cuy!


Saat ini di Halodoc juga tersedia pelayanan rapid test untuk wilayah seputar Jakarta. Bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Jakarta, kita bisa memilih lokasi rumah sakit yang paling dekat dengan area rumah kita. Semua biayanya pun sudah dituliskan dengan lengkap, sehingga kita bisa menyiapkan budgetnya terlebih dahulu.



Pemeriksaan rapid test menggunakan spesimen darah untuk mendeteksi respon imun terhadap COVID-19. Sample darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yaitu antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Dengan cara ini pasien pada tahap awal infeksi bisa diidentifikasi dengan lebih cepat.

Gue sih hanya berharap agar pandemi ini segera berlalu dan kita bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala. Semoga sehat terus semuanya yah!

37 comments:

  1. Kayla udah besar aja ya, cepet banget anak-anak ini tumbuh. Dulu aja Fathir masih suka ngomong bahasa planet, haha

    Tentang New Normal? Ah sejak merebak berita Corona saya males mengikutinya. Jenuh aja bacanya. Covad Covid Covad Covid, makin diikuti jadi senewen sendiri.

    Begitupula selama di rumah aja saya sibuk main game atau nonton film mbak. Gak terlalu suka juga ikut-ikut kelas online. Buka sosmed ke Twitter aja nontonin komen ribut-ribut😁

    ReplyDelete
  2. yang sering keluyuran atau nongkrong para abg, kadang mulut gatel pengen negor, ah kaga deh, ntar malah aku dirajam haha .. klo anak sendiri bakalan kujewer seret pulang klo nongkrong ga jelas, kaga pakai masker pula, serasa punya 13 nyawa para abg ini. Btw Erry sama Kayla spt kakak adik :) sehat selalu yaaa.

    ReplyDelete
  3. Hahaha bener banget tuh godaan terbesar anak-anak ya dari lingkungan pertemanan. Suka iri ngeliat temannya kok bisa begini-begitu. Duh itu temen apa rumput tetangga, bikin iri mulu. XD

    ReplyDelete
  4. Semangaaaattt untuk kita semuaaaaa...!
    Aku juga sempat stres, bosen, ngelangut gitu Teh.
    Tapiii, sekarang coba ikhlas dan tawakkal aja dah.
    Semogaaa semuanya sehaaattt

    ReplyDelete
  5. aku gak pernah #dirumahAJa mbaaa..
    ngantor tetep masuk terus sejak awal covid sampai saat ini.. huhu..

    tapi untungnya dapet fasilitas rapid test gratis, untuk antisipasi. Alhamdulillah meski keluar rumah ters tapi hasilnya negatif..

    ReplyDelete
  6. Di awal-awal tuh sebenarnya aku juga agak was-was. Lalu cari sumber berita yang tepat dan terpercaya. Cari juga aplikasi Kesehatan buat tanya-tanya kaya Halodoc ini. Butuh banyak perjuangan di musim kaya gini

    ReplyDelete
  7. Semenjak new normal rasanya gimana gitu ya mbak, parno, cemas dan kekuatiran semakin meningkat. Btw kalau informasi kesehatan gini selalu cari di Halodoc dan saya sudah unduh aplikasinya mbak.

    ReplyDelete
  8. Sama.mbak, aku juga udah 4 bulan di rumah terus nih. Alhamdulillah anak anak ngerti kalau lagi.pandemi. meski ada masanya sih mereka juga bosan dan pengen main keluar. Tapi bener banget ngasih pengertian ke keluarga itu poin yang penting banget saat ini

    ReplyDelete
  9. Sama banget, teh....
    Aku juga paling susah olahraga niih..
    Asal uda siap-siap mo zumba, kena spoileran ato meme-meme lucunya teteh, malah jadi gubek-ngubek IG lagi.

    Hadjuuh~
    Enakan ramerame sih ya...tapi kan belum boleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengumpulkan informasi yang benar dan dari ahlinya selama pandemi begini.
      Jadi kudu banget instal apps Halodoc sebagai rujukan pertama masalah kesehatan.

      Delete
  10. kadang memang sebel deh baca berita-berita yang bikin cemas, harus pilih-pilih info mana yang bener mana yang gak.
    Setelah 4 bulan di rumah terus akhirnya aku keluar rumah agak jauh nih itu juga ke rumah ade. Sehat-sehat semua ya. Waktu awal pandemi aku sempet konsultasi di Halodoc soalnya agak cemas sampai gak bisa tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak aku juga sama Mbak. Baca berita malah bikin cemas. Antara info valid dan hoaks masih berseliweran tak terfilter.

      Delete
  11. Iya Teh setuju. Memilih sumber berita saat ini penting supaya kita gak termakan berita yg menyesatkan. Sekelas media besar saja bisa asal comot berita dan judul, apalagi sosial media ya...

    ReplyDelete
  12. Aku juga sempat membatasi media sosial, bahkan aku mengunfollow semua akun-akun berita dan gak mau lihat berita kala awal-awal itu karena berasa parno sendiri. Karena sudah 4 bulan di rumah jadi terbiasa dan alhamdulillah deh kita gak bosan selama di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berita di TV & internet aja kadang gak aku baca waktu awal-awal. Sekarang malah parno kalau ke luar ya

      Delete
  13. Sama mbakkk.. yang penting anak bisa makan sayur, jadi masak seadanya. Emang gak jago masak. Semangat menghadapi new normal mbakk.. semoga selalu sehat yaaa

    ReplyDelete
  14. Lihat keluarga lengkap ini aku sampai mikir kirain adik kakak semua haha. Awet muda terus Teh semoga keluarganya penuh barokah.

    ReplyDelete
  15. aku suka halodoc mba, dan suka akses informasi juga di sana, tampilannya yang sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami bikin kami betah akses berlama-lama

    ReplyDelete
  16. Anak yang masih SD ini yang sedikit berat
    Anak-anak belum tahu apa itu tentang covid
    Tahunya mereka senang saja karena sekolahnya libur
    Kalau dinasehati tentang bahaya covid, umumnya jawabannya, ih cemen sama covid saja takut. takut tu sama Tuhan
    Sebagai orang tua peninglah kepala :D

    ReplyDelete
  17. yang susah itu emang jaga mood dan emosi soalnya sudah bosan di rumah saja mbak
    jangankan anak-anak, orang dewasa seperti kita mah sudah bosan rasanya
    tapi yang penting informasi tentang covid-19 tetap bisa didapat dengan akurat
    salah satunya dengan halodoc ya mbak

    ReplyDelete
  18. Bentar bentar, itu si kk kok udah gede banget Bi ^^
    Aku juga selalu stok buah di rumah, alhamdulillah anakku suka banget buah dan sayur. Praktis banget ini aplikasi halodoc, semua info kesehatan komplit. Mau konsultasi juga bisa

    ReplyDelete
  19. Awal April aku mulai mengurangi buka sosmed kecuali untuk pekerjaan. Nah kita sama nih Ri, nyari info soal kesehatan yang tepat memang paling enak di Halodoc

    ReplyDelete
  20. Betul Teh sempat parno banget terus akhirnya menata diri sampai kapan mau stres dan ketakutan terus, akhirnya berusaha jalankan protokol kesehatan dan stay at home..aplikasi halodoc ini membantu banget..

    ReplyDelete
  21. Kemarin kakakku baru rapid test karena mau ke luar kota, untung pake halodoc jadi tahu lokasi terdekat dan harga untuk rapid test

    ReplyDelete
  22. Beneran mbak, akupun skrg ngurangi banget loh nyimak berita covid apalagi kalo sumbernya agak jls. Mending nyimak di sumber terpercaya dan to the point ya

    ReplyDelete
  23. Aku keluar kantor rumah sama pasar teh udah deg2an banget takut sama keadaaan begini sampe berantem sama org dekat gegara dia sering kasih info hoax plus nakutin wkwk..
    Btw halodoc ini andalan ya buat zaman now apalagi ditambah fitur rapid tes

    ReplyDelete
  24. Era new normal ini memang banyak yang harus disiapkan ya. Terutama untuk anak2 biar kebiasaan sehat tidak kendor. Wah, kemarin teman nyari nih info tentang layanan rapid test terdekat dari rumahnya. Bisa disaranin pakai halodoc saja ya

    ReplyDelete
  25. 4 bulan terakhir baru keluar cuma ke klinik psikologi dan calon sekolah anak 2 hari berturut2, tapi ada yg aneh krn ngrasa abis itu pulang2 mual, lemes, pusing gtu huhuhu kelamaan di rumah soalnya.
    Awalnya pas bulan lalu ngurangin sosmde jg tapi liat masyarakay yg makin santuy, bahkan makai masker aja aku diliatin jd aktif ngikutin berita lg T.T

    ReplyDelete
  26. Bawaannya parno mulu ya mba sejak pandemi merebak. Ngeliat yang pada damai berkeliaran tanpa perlindungan masker jadi heran deh. Sakti banget ya mereka itu, ga punya rasa was-was. Duuhhh semoga aja mulai pada tertib ya agar paparan virus ini makin menyempit.

    ReplyDelete
  27. Mak, anak-anak cepat sekali tumbuh nya yaa. Banyak hal yang bisa dilakukan selama Pandemi ini, Alhamdulillah aku sendiri yang penting bersyukur bisa kumpul sama anak-anak

    ReplyDelete
  28. banyak cara agar kita bisa tetap hidup bahagi dan sehaaat di masa new normal ini yaa teh

    ReplyDelete
  29. Aku juga udah download halodoc ini karena sangat bermanfaat banget aplikasinya ini apalagi buat kita saat ini

    ReplyDelete
  30. iya mbak, memberikan pengertian kepada anak pada masa ini akan bermanfaat sekali untuk pengetahuan anak anak tentang new normal agar tidak terjadi miss informasi karena paling penting itu informasi dari keluarga yang dipercaya.

    ReplyDelete
  31. Waaa anakmu udah gede banget ternyata Bi, senangnya kompak gitu ya.
    Alhamdulillah sekarang semakin dipermudah ya dengan aplikasi macam halodoc ini
    adi yang mau test covid, diskusi ama dokter langsung pun bisa ya.

    ReplyDelete
  32. Enak ya skrg kita bisa tau info terkini ttg covid di halodoc. Termasuk pelayanan kesehatan lainnya.

    ReplyDelete
  33. di awal-awal covid 19 itu saya yang agak aprno, apalagi sempat jemput ortu ke bandara karena pulang dari luar negeri. Untungnya udah dipastikan kalau ortu sehat, kalau musti test bisa pakai aplikasi halodoc ya

    ReplyDelete
  34. ternyata halodoc makin komplit ya. saya jd inget masa kenal awal2 dulu sm halodoc gegara beli obat lewat sini. hehe...pas gratis ongkir gojeknya

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS